Laporkan Masalah

PENGADAAN TANAH UNTUK LOKASI SUMUR DAN FASILITAS PRODUKSI MINYAK DAN GAS BUMI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN LAPANGAN GAS ALUR SIWAH OLEH OPERATOR MIGAS BLOK A

Amalya Fitria Tjaja, Prof. Dr. Nurhasan Ismail, S.H., M.Si

2024 | Tesis | S2 ILMU HUKUM JAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dalam proyek pengembangan lapangan gas Alur Siwah Blok A. Dalam rangka meningkatkan produksi gas di Lapangan Alur Siwah, PT Medco E&P Malaka melakukan pengembangan lapangan gas seluas ±20,6 Hektar di Desa Alur Siwah Serdang Kecamatan Nurussalam dan Desa Blang Nisam Kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur sebagai upaya memenuhi kebutuhan energi khususnya di Provinsi Aceh.

Penelitian hukum ini akan melihat pelaksanaan dari peraturan perundang-undangan yang berlaku pada Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaran Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum dibandingkan dan beberapa perubahan dalam Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2023 dengan pelaksanaannya di lapangan. Kemudian, penelitian juga menganalisa permasalahan yang muncul dalam pelaksanaannya serta mengindentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pengadaan tanah serta solusi penyelesaian permasalahan yang ditempuh oleh Perusahaan hingga menyelesaikan 100% kegiatan pengadaan tanah.

 

This research aims to discover and analyze land acquisition for development in the public interest in the Alur Siwah Block A gas field project. In order to enhance gas production in the Alur Siwah Field, PT Medco E&P Malaka developed a gas field covering approximately 20.6 hectares in Alur Siwah Serdang Village, Nurussalam Sub-district, and Blang Nisam Village, Indra Makmu Sub-district, East Aceh Regency, as part of an effort to meet energy needs, particularly in Aceh Province.

This legal research scrutinizes the implementation of relevant laws and regulations, specifically Government Regulation No. 19 of 2021 and Government Regulation No. 39 of 2021, and compares their application in practice. Subsequently, the research analyzes issues arising in the implementation process and identifies both supporting and inhibiting factors influencing land acquisition. The research also explores the problem-solving strategies employed by the company to successfully complete 100% of land acquisition activities.

Kata Kunci : Land Acquisition, Public Interest, Oil & gas

  1. S2-2024-470059-abstract.pdf  
  2. S2-2024-470059-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-470059-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-470059-title.pdf