Laporkan Masalah

Financial Attitudes as a Moderator Between Materialism and Hedonic Orientation to happiness Among Emerging Adult Consumers

Labiqa Haniya Razani, Dr. Sumaryono, S.Psi., M.Si., Psikolog

2023 | Skripsi | PSIKOLOGI

Di dunia konsumen yang didorong oleh hedonisme, pencarian kebahagiaan menjadi hal yang kerap dibicarakan, terutama pada masa dewasa awal. Generasi dewasa awal menghadapi tantangan untuk mengembangkan identitas dan menyampaikan status sosial mereka melalui berbagai cara (misalnya, harta benda) sembari menavigasi kehidupan mereka untuk mencapai kemandirian finansial. Menyadari kompleksitas tahap kehidupan yang penting ini, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran moderasi dari sikap keuangan terhadap hubungan antara materialisme dan orientasi hedonis terhadap kebahagiaan di kalangan konsumen Indonesia berusia 18 hingga 29 tahun. Untuk mencapai tujuan ini, pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan survei online yang didistribusikan melalui berbagai platform media sosial. Selanjutnya, analisis moderasi dilakukan pada data yang telah terkumpul dari 200 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap finansial menghasilkan efek moderasi yang signifikan, di mana tingkat Sikap Finansial yang bijak melemahkan hubungan antara materialisme dan orientasi hedonis terhadap kebahagiaan. Dengan menyoroti interaksi yang rumit antara ketiga variabel tersebut di kalangan konsumen dewasa awal di Indonesia, penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada mengenai perilaku konsumen sekaligus memberikan implikasi praktis bagi pembuat kebijakan, psikolog, dan khususnya para orang dewasa awal dalam memahami faktor-faktor yang membentuk perilaku konsumen. Dengan demikian, harapannya hal tersebut dapat mendorong keputusan konsumsi yang lebih bijaksana demi mencapai rasa bahagia yang lebih bermakna. 

In a consumer-driven world fueled by hedonism, the pursuit of happiness takes center stage, particularly during emerging adulthood. Emerging adults face the challenge of cultivating their identities and conveying their social standing through many means (e.g., material possessions)–while also navigating their realities to achieve financial independence. Recognizing the complexity of this pivotal life stage, this study aims to investigate the moderating role of financial aitudes on the relationship between materialism and hedonic orientation to happiness among Indonesian consumers aged 18 to 29. To achieve this objective, a quantitative approach was employed, utilizing an online survey distributed via various social media platforms. Data were collected from 200 participants and subjected to moderation analysis. strong show that financial aitudes generate a significant moderating effect, wherein wise financial aitudes weaken the association between materialism and hedonic orientation to happiness. By shedding light on the intricate interplay of the three variables among emerging adult consumers in Indonesia, this research contributes to the existing literature on consumer behavior while possessing practical implications for policymakers, psychologists, and especially emerging adults in understanding the factors that shape consumer behavior—hoped to promote wiser consumption decisions for the sake of achieving a more meaningful sense of happiness. 

Kata Kunci : Hedonism, Happiness, Materialism, Financial Attitudes, Consumer Behavior

  1. S1-2023-454571-abstract.pdf  
  2. S1-2023-454571-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-454571-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-454571-title.pdf  
  5. S1-2024-454571-abstract.pdf  
  6. S1-2024-454571-bibliography.pdf  
  7. S1-2024-454571-tableofcontent.pdf