Peran Sekolah Tiong Hoa Hwee Koan Batavia Dalam Pendidikan Tionghoa Peranakan Pada Tahun 1900 - 1942
Ahmad Zulfikar Arsyad, Dr. Farabi Fakih, M.Phil.
2024 | Skripsi | ILMU SEJARAH
Phoa
Keng Hek dan Lie Kim Hok mendirikan Tiong Hwa Hwe Koan (THHK) di Batavia pada
tahun 1900. Organisasi ini awal mulanya berfungsi sebagai organisasi yang
menyebarkan ajaran Kong Hu Chu.
Karena tidak ada fasilitas pendidikan yang tersedia bagi orang Tionghoa pada
saat itu, fokus utama kemudian berpindah menjadi sektor pendidikan. Pendidikan menjadi salah
satu dari anggaran dasar terbentuknya THHK. Sekolah THHK kemudian didirikan pada 17 Maret
1901 dengan nama Sekolah Pa Hoa di Batavia. Sekolah Pa Hoa menjadi landasan dan
acuan sekolah-sekolah lain sebagai contoh dari sistem pendidikan yang modern khusunya untuk masyarakat
Tionghoa. Pendidikan memberikan perubahan signifikan kepada masyarakat Tionghoa.
Buah dari pendidikan menghasilkan golongan yang sadar mengenai pentingnya pendidikan sebagai upaya untuk menentukan nasib bangsanya
sendiri. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian Sejarah, terdiri dari pengumpulan sumber,
verifikasi, dan intepretasi. Hasil dari penelitian tersebut kemudian diolah
menjadi historiografi. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini berupa
buku, jurnal, arsip dan koran yang relevan. Hasil dari penelitian ini
menunjukan hasil dari Sekolah THHK Batavia
terhadap pendidikan bagi masyarakat Tionghoa.
Phoa Keng Hek and Lie
Kim Hok founded Tiong Hwa Hwe Koan (THHK) in Batavia in 1900. This organization
initially functioned as an organization that spread the teachings of
Confucianism. Since there were no educational facilities available for the
Chinese at that time, the main focus then shifted to the education sector.
Education is one of the basic articles of formation of THHK. THHK School was
then founded on March 17 1901 with the name Pa Hoa School in Batavia. Pa Hoa
School has become the foundation and reference for other schools as an example
of a modern education system, especially for the Chinese community. Education
has provided significant changes to the Chinese community. The results of
education produce groups who are aware of the importance of education as an
effort to determine the fate of their own nation. This research uses historical
research methods, consisting of source collection, verification and
interpretation. The results of this research were then processed into
historiography. The sources used in this research are relevant books, journals,
archives and newspapers. The results of this research show the results of the
Batavia THHK School on education for the Chinese community.
Kata Kunci : Pendidikan, Tionghoa, Batavia, Tiong Hoa Hwee Koan