Konvergensi dan Divergensi: Pemilihan Bahasa Mahasiswa dan Faktornya di Ruang Obrolan Grup WhatsApp Kelas FLSP
RESTUWATI AZHAR, Dr. Adi Sutrisno, M.A.
2023 | Tesis | S2 Linguistik
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) mendeskripsikan strategi akomodasi bahasa yang digunakan oleh mahasiswa dalam berinteraksi di ruang obrolan grup WhatsApp kelas FLSP; 2) mendeskripsikan realisasi pemilihan bahasa yang digunakan mahasiswa dalam berinteraksi di ruang obrolan grup WhatsApp kelas FLSP; dan 3) mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan bahasa mahasiswa dalam berinteraksi di ruang obrolan grup WhatsApp kelas FLSP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan penerapan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) sebagai teknik lanjutan.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa dari sebanyak 458 tuturan mahasiswa yang ditemukan pada ruang obrolan grup WhatsApp kelas FLSP, sebanyak 398 ujaran (87%) dapat dikategorikan sebagai strategi akomodasi konvergensi dan 60 ujaran (13%) sisanya merupakan strategi akomodasi divergensi. Ketiga realisasi pemilihan bahasa yaitu alih kode, campur kode, dan penggunaan ekabahasa ditemukan pada tuturan pesan yang dikirimkan oleh mahasiswa di ruang obrolan grup WhatsApp kelas FLSP pada penelitian ini. Penggunaan ekabahasa sebanyak 378 ujaran merupakan realisasi pemilihan bahasa dengan frekuensi kemunculan yang paling tinggi. Faktor-faktor yang memengaruhi bagaimana mahasiswa melakukan pemilihan bahasa dalam berinteraksi di ruang obrolan grup WhatsApp kelas FLSP adalah: 1) mitra tutur dan latar belakang bahasa yang dimiliki; 2) situasi tuturan; 3) topik pembicaraan; dan, 4) fungsi tuturan.
The purpose of this study was to: 1) describe the language accommodation strategies used by students when interacting in FLSP class WhatsApp group chat room; 2) describe the language choices made by students when interacting in FLSP class WhatsApp group chat room; and 3) describe the factors that influence students' language choices when interacting in FLSP class WhatsApp group chat room. The research method used in this study is the observation method with the application of language use tapping technique as the basic technique and non-participatory observation technique as the advanced technique.
According to this study, of 458 student utterances that were found in FLSP class WhatsApp chat group, 398 (87%) were classified as convergence accommodation strategy, and the remaining 60 (13%) were classified as divergence. In this study, students' utterances (messages) in FLSP class WhatsApp chat room revealed three realizations of language choice: code switching, code mixing, and monolingual language mode. The realization of language choice that occurs most frequently is the monolingual language mode presented in 378 utterances. The following aspects affect students' language choices when getting involved in FLSP class WhatsApp chat room: 1) interlocutor and their linguistic background; 2) speech situation; 3) topic of conversation; and 4) speech function.
Kata Kunci : konvergensi, divergensi, pemilihan bahasa, mahasiswa, percakapan grup WhatsApp