Analisis Strategi Bisnis dengan Pendekatan Resource Based View Perusahaan Jasa Riset Pasar Studi pada PT PNS
Fransisca Julyviani, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.,
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Salah
satu jenis jasa yang memberikan layanan untuk meneliti pasar atau di kenal
dengan market research merupakan jasa layanan yang dapat membantu klien baik
perseorangan maupun perusahaan untuk membaca kondisi pasar yang bersifat unik.
Adapun jasa riset pasar melayani permintaan yang bersifat personalisasi,
sehingga disesuaikan dengan kebutuhan dari klien. Salah satu pelaku usaha dalam
industri ini yaitu PT PNS hadir sejak tahun 2014 untuk memberikan layanan
riset. Dalam menjalankan usaha di dalam industri ini diperlukan kemampuan dan
keunikan sehingga dapat bersaing di pasar yang kompetitif. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi kondisi yang di hadapi oleh
PT PNS dalam persaingan bisnis, serta sumber daya dan kemampuan yang dimiliki
oleh perusahaan sehingga dapat menjadi kompetensi inti di PT PNS. Dari
penelitian ini, sekiranya dapat memberikan rekomendasi strategi bersaing yang
relevan bagi PT PNS di kemudian hari. Desain penelitian yang dilakukan adalah
dengan deskriptif kualitatif melalui aktivitas pengumpulan data dengan
wawancara narasumber yang merupakan direksi dan manajer di perusahaan.
Penelitian ini didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka
dan sumber internet. Melalui pendekatan The Five Forces untuk analisis
eksternal, serta Resource Based View yang di lanjutkan dengan VRIO Analysis
untuk analisis internal. Melalui penelitian ini, hasil yang diperoleh yakni
persaingan di industri jasa riset pasar merupakan persaingan yang tinggi. Bagi
PT PNS sendiri, sumber daya dan kemampuan yang teridenfitikasi adalah kemampuan
untuk memberikan layanan yang bernilai lebih dan budaya perusahaan yang mampu
membuat karyawan produktif dan bersinergi dalam bekerja. Dengan demikian,
rekomendasi untuk perusahaan ini adalah mengaplikasikan strategi best-cost
provider strategy agar dapat meningkatkan layanan mutu dari jasa yang
ditawarkan.
Known
as services available for market research that can help both individual clients
and companies understand market conditions. Market research services are
personalized requests from clients and are created based on client demand. One
company in this business, PT PNS, has been operating since 2014, providing
market research services. The company needs uniqueness and the ability to
compete in this competitive market. The purpose of this research is to identify
the conditions faced by PT PNS in business competition and to identify
resources and capabilities that will be the core competences of the company.
Through this research, recommendations will be made for competitive strategies
that are relevant for PT PNS in the future. The research design used in this
study was descriptive qualitative, involving activity data collection through
interviews with the Founder and Managing Director, as well as managers from PT
PNS. This research is supported by secondary data obtained through literature
study and internet sources. The study utilized The Five Forces theory for
external analysis and the Resource-Based View with VRIO Analysis for internal
analysis. The results of the study concluded that competition in the market
research industry is quite high. For PT PNS, resources and capabilities lie in
the ability to provide services of greater value and a company culture that
creates synergy between employees, leading to high productivity. The
recommendation for the company is to adopt a best-cost provider strategy to improve
the quality of services offered.
Kata Kunci : The Five Forces, Value Chain, Resource Based View, VRIO, Core Competence The Five Generic Competitive Strategy, Market Research