Laporkan Masalah

STRATEGI PERSUASIF DALAM BERBAGAI WACANA FAKE NEWS DI MEDIA SOSIAL PRANCIS

AKMAL PUTRA TAMA, Dr. Merry Andriani, M.L.C.S.

2024 | Skripsi | SASTRA PERANCIS

Wacana fake news merupakan salah satu jenis wacana yang kerap ditemukan publik dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih pada era digital yang berbasis teknologi, produksi wacana ini menjadi semakin masif. Namun, sebagian masyarakat masyarakat Prancis yang tingkat literasinya sangat tinggi ada yang belum memahami cara yang benar dalam membedakan wacana berisi informasi yang benar dengan wacana fake news. Hal ini dikarenakan wacana fake news menerapkan strategi persuasif yang ditujukan untuk memanipulasi dan meyakinkan pembaca atas informasi yang disajikan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apa saja komponen lingual kalimat persuasif yang digunakan serta mencari tahu bagaimana pengaplikasian strategi persuasif dalam wacana fake news di media sosial Prancis. Sumber data primer dari penelitian ini, yaitu beberapa wacana fake news yang beredar di media sosial Twitter dan Facebook dalam bahasa Prancis selama paruh pertama tahun 2023. Pada penelitian ini, diterapkan teori wacana fake news di media sosial oleh Allcott & Gentzkow (2017) dan Egelhofer & Lecheler (2019), teori penggunaan komponen lingual dalam penulisan kalimat persuasif oleh Droga & Humphrey (2003), serta teori strategi persuasif dalam wacana fake news oleh Chen et. al. (2021). Di sisi lain, metode analisis yang diterapkan dalam penelitian ini, yaitu metode kualitatif deskriptif. Data berjumlah 60 wacana fake news, pertama-tama diverifikasi dengan menggunakan laman web verifikator fake news, AFP Factuel dan Fake Investigation. Kemudian, data tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenis komponen lingual dan strategi persuasif yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaplikasian komponen lingual dan strategi persuasif dalam berbagai wacana fake news di media sosial Prancis yang didasarkan pada fungsi dan intensi yang ditujukan. Jenis komponen lingual yang paling banyak digunakan, yaitu nomina teknis (28,87%) sebagai fitur spesifikasi untuk menjelaskan istilah spesifik. Sementara itu, jenis strategi persuasif dengan persentase pemakaian terbesar, yaitu pathos-negatif (27,68%) yang ditujukan untuk memunculkan emosi buruk pembaca.

Fake news discourse is a type of discourse that the public often encounters in everyday life. Especially in the technology-based digital era, the production of this discourse is becoming increasingly massive. However, some French people whose literacy level is very high do not yet understand the correct way to differentiate discourse containing correct information from fake news discourse. This happens because fake news discourse applies persuasive strategies to manipulate and convince readers of the information presented. This research aims at finding out what linguistic features of persuasive sentences are used and how persuasive strategies are applied in fake news discourse on French social media. The primary data source for this research is several fake news discourses circulating on Twitter and Facebook in French during the first half of 2023. This research applied the theory of fake news discourse on social media by Allcott & Gentzkow (2017) and Egelhofer & Lecheler (2019), the theory of linguistic features in persuasive sentences by Droga & Humphrey (2003), and the theory of persuasive strategies in fake news discourse by Chen et. al. (2021). On the other hand, a descriptive qualitative method is used as the analytical method of this research. The data amounted to 60 fake news discourses, first verified using the fake news verifier website, AFP Factuel and Fake Investigation. Then, it is classified based on linguistic features and persuasive strategy applied. The results of this research show that there is an application of linguistic features and persuasive strategies in various fake news discourses on French social media which are based on the function and intention to be achieved. The most used linguistic feature is technical nouns (28.87%) as a specification feature to explain specific terms. Meanwhile, the persuasive strategy with the largest percentage of use is pathos-negative (27.68%) which is aimed at bringing out the reader's bad emotions.

Kata Kunci : strategi persuasif, komponen lingual, wacana fake news, media sosial, bahasa Prancis / persuasive strategies, linguistic features, fake news discourse, social media, French language

  1. S1-2024-456015-abstract.pdf  
  2. S1-2024-456015-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-456015-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-456015-title.pdf