Pengaruh Adopsi Informasi Terhadap Niat Pembelian Produk The Originote Melalui Video Ulasan Di Tiktok
Vianuri Aulia Syifaul Umam, Naila Zulfa, M.A., M.S., PGDip., Ph.D., FHEA
2023 | Skripsi | MANAJEMEN
Kemajuan informasi memungkinkan konsumen menggunakan
media sosial untuk membagikan dan mencari informasi mengenai produk. Kosmetik
merupakan industri yang terus mengalami pertumbuhan. Persaingan merek dalam
industri kosmetik membuat konsumen perlu untuk mencari ulasan dan informasi
mengenai produk melalui media sosial sebelum mereka menentukan keputusan
pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi,
kuantitas informasi, kredibilitas informasi, kegunaan informasi, adopsi informasi,
dan sikap terhadap merek pada niat pembelian produk The Originote melalui video
ulasan di Tiktok.
Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik penyampelan non-probability
purposive sampling. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh
melalui kuesioner yang disebarkan melalui media sosial dan platform survei
online kepada 160 responden, dengan kriteria wanita pengguna Tiktok berusia di
atas 17 tahun yang pernah melihat video review produk The Originote di Tiktok.
Olah data dilakukan dengan metode Partial Least Squares – Structural
Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas
informasi dan kredibilitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan pada
kegunaan informasi, sedangkan kualitas informasi berpengaruh positif secara
signifikan pada kegunaan informasi. Selanjutnya kegunaan informasi ditemukan
berpengaruh secara positif signifikan pada adopsi informasi, adopsi informasi
berpengaruh positif signifikan pada sikap terhadap merek, serta adopsi
informasi dan sikap terhadap merek berpengaruh secara positif signifikan
terhadap niat pembelian.
Information advancement allows consumers to use social
media to share and find information about products. Cosmetics is an industry
that continues to grow. Brand competition in the cosmetics industry makes it
necessary for consumers to seek reviews and information about products through
social media before they make purchasing decisions. This study aims to examine
the effect of information quality, information quantity, information
credibility, information usefulness, information adoption, and attitude towards
brands on the purchase intention of The Originote products through video
reviews on Tiktok.
This study uses quantitative methods and
non-probability purposive sampling techniques. The research uses primary data
obtained through questionnaires distributed through social media and online
survey platforms to 160 respondents, with the criteria of female Tiktok users
over 17 years old who have seen The Originote product review videos on Tiktok.
Data processing was carried out using the Partial Least Squares - Structural
Equation Modeling (PLS-SEM) method. The results showed that information
quantity and information credibility had no significant effect on information
usefulness, while information quality had a significant positive effect on
information usefulness. Furthermore, information usefulness is found to have a
significant positive effect on information adoption, information adoption has a
significant positive effect on attitude towards the brand, and information
adoption and attitude towards the brand have a significant positive effect on
purchase intention.
Kata Kunci : eWOM, Kualitas Informasi, Kuantitas Informasi, Kredibilitas Informasi, Kegunaan Informasi, Adopsi Informasi, Sikap terhadap Merek, Niat Pembelian.