Laporkan Masalah

RANCANGAN BALANCED SCORECARD UNTUK IMPLEMENTASI STRATEGI BIGBOX PADA TELKOM DIGITAL BUSINESS & TECHNOLOGY (DBT)

Tamardi Pranata Tampubolon, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Pada era digital ini, dominasi teknologi, data, dan informasi merupakan pilar penting bagi kedaulatan organisasi. BigBox di bawah Telkom Digital Business & Technology (DBT), mengemban visi untuk membantu organisasi di Indonesia mencapai kedaulatan ini. Penelitian ini dirancang untuk menyusun Balanced Scorecard (BSC) yang mendukung implementasi strategi BigBox, yang beririsan dengan visi, misi, dan strategi BigBox. Balanced Scorecard (BSC) dikembangkan untuk menyelaraskan empat perspektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, serta pertumbuhan dan pembelajaran organisasi dengan tujuan jangka panjang perusahaan.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi objektif, menetapkan pengukuran yang tepat, target dan inisiatif yang efektif, yang semua akan terintegrasi dalam Strategy Map yang menciptakan hubungan sebab-akibat yang koheren. scorecard yang tidak hanya mencerminkan kinerja perusahaan saat ini tetapi juga memberikan jalur untuk pertumbuhan dan peningkatan berkelanjutan. Melalui pengumpulan data primer dan sekunder, serta penggunaan metodologi triangulasi dalam pengolahan dan analisis data.

In this digital era, the dominance of technology, data and information is a crucial pillar for organizational sovereignty. BigBox, under Telkom Digital Business & Technology (DBT), has a vision to help organizations in Indonesia achieve this sovereignty. This research is designed to develop a Balanced Scorecard (BSC) that supports the implementation of BigBox's strategy, which aligns with BigBox's vision, mission and strategy. The Balanced Scorecard (BSC) was developed to align the four perspectives of finance, Customers, internal business processes, and organizational growth and learning with the company's long-term goals.

The main objective of this research is to identify objectives, establish appropriate measurements, targets and effective initiatives, all of which will be integrated in a Strategy Map that creates a coherent cause-and-effect relationship. scorecard that not only reflects the company's current Performance but also provides a path for continuous growth and improvement. Through primary and secondary data collection, as well as the use of triangulation methodology in data processing and analysis..

Kata Kunci : Big Data, Balanced Scorecard, Company Performance.

  1. S2-2024-499244-abstract.pdf  
  2. S2-2024-499244-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-499244-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-499244-title.pdf