Valuasi Ekonomi Menggunakan Metode Biaya Perjalanan/Travel Cost Method (TCM): Studi Kasus pada Objek Wisata Air Umbul Ponggok yang Berlokasi di Kabupaten Klaten
Laila Burhani, Dra. Ike Yuli Andjani, M.Si.
2023 | Tugas Akhir | D4 Manajemen dan Penilaian Properti
Objek wisata air Umbul Ponggok dikenal sebagai destinasi wisata air alami yang terletak di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Kolam renang alami yang luas dengan kualitas air yang jernih menjadikan ciri khas tersendiri bagi objek wisata air Umbul Ponggok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik wisatawan objek wisata air Umbul Ponggok dengan menggunakan analisis deskriptif, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata air Umbul Ponggok dan mengetahui estimasi nilai ekonomi objek wisata air Umbul Ponggok menggunakan metode biaya perjalanan (Travel Cost Method) dengan regresi linear berganda (Ordinary Least Square). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah kunjungan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya perjalanan, jumlah pendapatan, tingkat pendidikan, usia, jarak tempuh, adanya objek wisata pengganti sejenis dan persepsi terhadap kualitas objek wisata. Data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan sampel yang berjumlah 100 responden yang diperoleh dari survei menggunakan kuesioner secara purposive sampling. Data sekunder yang digunakan merupakan data lokal yang bersumber dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri selaku pengelola objek wisata air Umbul Ponggok mengenai jumlah kunjungan pada 1 tahun terakhir yaitu sebanyak 158.334 pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wisatawan sebagai berikut: Berdasarkan jumlah kunjungan, mayoritas wisatawan adalah wisatawan dengan jumlah kunjungan 1 kali, mayoritas wisatawan mengeluarkan biaya wisata sebesarĀ lebih dari Rp200.000,00, mayoritas wisatawan memiliki pendapatan sebesar antara Rp2.000.000,00 hingga Rp3.000.000,00, mayoritas wisatawan berpendidikan diploma 4 atau strata 1, mayoritas wisatawan berusia 15 hingga 25 tahun, mayoritas wisatawan menempuh jarak sejauh 0 hingga 20 kilometer, mayoritas wisatawan berpandangan bahwa tidak ada objek wisata pengganti sejenis untuk objek wisata air Umbul Ponggok dan mayoritas wisatawan berpandangan bahwa kualitas lingkungan di objek wisata air Umbul Ponggok bagus. Faktor-faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan ke objek wisata air Umbul Ponggok adalah biaya perjalanan, jumlah pendapatan, jarak tempuh, adanya objek wisata pengganti sejenis dan persepsi terhadap kualitas objek wisata. Dengan menggunakan surplus konsumen untuk mengestimasi nilai ekonomi objek wisata air Umbul Ponggok, diperoleh nilai surplus konsumen sebesar Rp451.413,00 dan nilai ekonomi dari objek wisata air Umbul Ponggok pada tanggal 17 Oktober 2023 sebesar Rp71.474.078.720,00. Hasil penelitian ini sangat penting dalam rangka pengelolaan objek wisata air Umbul Ponggok sebagai salah satu aset desa potensial yang dimiliki oleh Desa Ponggok. Estimasi nilai ekonomi dan faktor-faktor yang memengaruhi dapat dijadikan masukan bagi stakeholder dalam meningkatkan pengelolaan objek wisata agar lebih optimal.
The Umbul Ponggok water tourist attraction is known as a natural water tourist destination located in Klaten Regency, Central Java Province. The large natural swimming pool with clear water quality is its own characteristic for the Umbul Ponggok water tourist attraction. This research aims to describe the characteristics of tourists at the Umbul Ponggok water tourist attraction using descriptive analysis, to find out the factors that influence the number of tourist visits to the Umbul Ponggok water tourist attraction and to find out the estimated economic value of the Umbul Ponggok water tourist attraction using the travel cost method (Travel). Cost Method) with multiple linear regression (Ordinary Least Square). The dependent variable used in this research is the number of visits. The independent variables used in this research are travel costs, total income, education level, age, distance traveled, the presence of similar substitute tourist attractions and perceptions of the quality of tourist attractions. The data used in this research is based on a sample of 100 respondents obtained from a survey using a purposive sampling questionnaire. The secondary data used is local data sourced from the Village-Owned Enterprise (BUMDes) Tirta Mandiri as the manager of the Umbul Ponggok water tourist attraction regarding the number of visits in the last year, namely 158,334 visitors. The results of the research show that the characteristics of tourists are as follows: Based on the number of visits, the majority of tourists are tourists with one visit, the majority of tourists spend more than IDR 200,000.00 on tourism, the majority of tourists have an income of between IDR 2,000,000.00 to IDR 3 ,000,000.00, the majority of tourists have diploma 4 or strata 1 education, the majority of tourists are aged 15 to 25 years, the majority of tourists travel a distance of 0 to 20 kilometers, the majority of tourists are of the view that there is no similar substitute tourist attraction for the Umbul Ponggok water tourist attraction and the majority tourists are of the view that the environmental quality at the Umbul Ponggok water tourist attraction is good. Factors that influence the number of visits to the Umbul Ponggok water tourist attraction are travel costs, total income, distance traveled, the existence of similar substitute tourist attractions and perceptions of the quality of the tourist attraction. By using consumer surplus to estimate the economic value of the Umbul Ponggok water tourist attraction, a consumer surplus value of IDR 451,413.00 was obtained and the economic value of the Umbul Ponggok water tourist attraction on October 17 2023 was IDR 71.474.078.720,00. The results of this research are very important in the context of managing the Umbul Ponggok water tourist attraction as one of the potential village assets owned by Ponggok Village. Estimates of economic value and influencing factors can be used as input for stakeholders in improving the management of tourist attractions so that they are more optimal.
Kata Kunci : Metode Biaya Perjalanan, Nilai Ekonomi, Objek Wisata Air Umbul Ponggok, Surplus Konsumen, Valuasi Ekonomi/Consumer Surplus, Economic Valuation, Economic Value, The Umbul Ponggok Water Tourist Attraction, Travel Cost Method