Laporkan Masalah

PENGARUH TEKNIK PENYAJIAN JINGLE IKLAN LAZADA DI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT KESADARAN MEREK KONSUMEN

JACGUA PROEXS SAPUTRO, Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si.

2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik penyajian jingle Iklan Lazada “Pengiriman Cepat, Gratis Ongkir” di media sosial terhadap Tingkat kesadaran merek. Penelitian ini hadir seiring dengan perkembangan tren iklan menggunakan jingle di media sosial. Jingle mulai dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk menarik audiens di tengah persaingan yang begitu ketat khususnya pada bidang e-commerce. Lazada, sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka, menggunakan jingle iklan ini sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data diperoleh melalui metode survei sebagai data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden. Pada penelitian ini, Teknik Penyajian Jingle digunakan sebagai variabel Independen (variabel X), Advertising exposures (variabel intervening), dan  Tingkat kesadaran merek (variabel Y) menjadi variabel dependen. Berdasarkan pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa Teknik Penyajian Jingle berpengaruh terhadap Tingkat kesadaran merek. Dibuktikan pula bahwa Advertising exposures berperan dalam memediasi pengaruh antara Teknik Penyajian Jingle dan Tingkat kesadaran merek, meskipun tidak secara signifikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik penyajian jingle Iklan Lazada “Pengiriman Cepat, Gratis Ongkir” di media sosial terhadap Tingkat kesadaran merek. Penelitian ini hadir seiring dengan perkembangan tren iklan menggunakan jingle di media sosial. Jingle mulai dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk menarik audiens di tengah persaingan yang begitu ketat khususnya pada bidang e-commerce. Lazada, sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka, menggunakan jingle iklan ini sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data diperoleh melalui metode survei sebagai data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden. Pada penelitian ini, Teknik Penyajian Jingle digunakan sebagai variabel Independen (variabel X), Advertising exposures (variabel intervening), dan  Tingkat kesadaran merek (variabel Y) menjadi variabel dependen. Berdasarkan pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa Teknik Penyajian Jingle berpengaruh terhadap Tingkat kesadaran merek. Dibuktikan pula bahwa Advertising exposures berperan dalam memediasi pengaruh antara Teknik Penyajian Jingle dan Tingkat kesadaran merek, meskipun tidak secara signifikan.

Kata Kunci : Advertising Exposures, Tingkat Kesadaran Merek, dan Teknik Penyajian Jingle

  1. S1-2023-462826-abstract.pdf  
  2. S1-2023-462826-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-462826-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-462826-title.pdf