Laporkan Masalah

KONSEP PENDIDIKAN DALAM KITAB TA'LIM MUTA'ALIM KARYA SYAIKH AZ-ZARNUJI MENURUT PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME

Muhammad Asyril Aldi, Dr. RR. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum; Dr. Hastanti Widi Nugroho S.S., M.Hum

2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Penelitian berjudul Konsep Pendidikan Kitab Ta'lim Muta'alim karya Syaikh Az-Zarnuji dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Perenialisme di latar belakangi oleh realita dalam dunia pendidikan yang kurang memperhatikan masalah adab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep pendidikan kitab Ta’lim Muta’alim dalam perspektif perenialisme sehingga dapat digunakan sebagai rujukan dalam upaya pembangunan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research) yang menggunakan model penelitian yang bersifat deskriptif-analitik. Objek material yang digunakan adalah kitab Ta’lim Muta’alim karya Syaikh Az-Zarnuji sedang objek formalnya menggunakan filsafat pendidikan perenialisme.

Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dan sebagai penelitian filsafat yang bersifat deskriptif-analitik. Penelitian ini akan menggali secara mendalam mengenai konsep pendidikan Syaikh Az-Zarnuji dalam karyanya kitab Ta’lim Muta’alim dengan perspektif filsafat pendidikan perenialisme. Penelitian ini menggunakan metode hermenutika filosofis yakni deskripsi, interpretasi, koherensi dan refleksi kritis yang merujuk pada buku metode penelitian filsafat yang ditulis oleh Anton Bakker dan Achmad Charris Zubair (1990 :105).

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni konsep pendidikan dalam Kitab Ta’lim Muta’alim menghadirkan konsep pendidikan berbasis akhlak dengan nilai-nilai yang cukup relevan dengan filsafat pendidikan aliran perenialisme yang menawarkan pendidikan yang berbasis pada nilai yang sifatnya universal dan abadi karena bersumber dengan kitab suci. Berdasarkan landasan ontologisnya, Kitab Ta’lim Muta’alim sepakat bahwa esensi dari kenyataan itu adalah menuju ke arah aktualitas, konsep epistemologi kitab Ta’lim Muta’alim bertipe idealistik, sedangkan secara Aksiologis berbasis konsep pendidikan akhlak. Kitab tersebut juga sejalan dengan prinsip-prinsip keabadian dan keuniversalan, prinsip keteraturan alam semesta, prinsip sifat bawaan manusia, prinsip tujuan dasar pendidikan, prinsip rasionalitas, dan prinsip kebijaksanaan dalam filsafat pendidikan perenialisme.

The research entitled The Concept of Education in the Book of Ta'lim Muta'alim by Syaikh Az-Zarnuji in the Perennialism Educational Philosophy Perspective is based on the reality in the world of education which pays little attention to issues of etiquette. The aim of this research is to analyze the educational concept of the Ta'lim Muta'alim book from a perennialist perspective so that it can be used as a reference in efforts to develop character education. This research uses library research which uses a descriptive-analytic research model. The material object used is the book Ta'lim Muta'alim by Syaikh Az-Zarnuji, while the formal object uses the educational philosophy of perennialism.

This research is a literature study research and is a descriptive-analytic philosophical research. This research will explore in depth the educational concept of Shaykh Az-Zarnuji in his book Ta'lim Muta'alim with the perspective of perennialist educational philosophy. This research uses the philosophical hermeneutics method, namely description, interpretation, coherence and critical reflection which refers to the book on philosophical research methods written by Anton Bakker and Achmad Charris Zubair (1990: 105).

The results obtained in this research are that the concept of education in the Book of Ta'lim Muta'alim presents the concept of moral-based education with values ??that are quite relevant to the educational philosophy of the perennialist school which offers education based on values ??that are universal and eternal because they are sourced from the book holy. Based on its ontological basis, the Ta'lim Muta'alim Book agrees that the essence of reality is towards actuality, the epistemological concept of the Ta'lim Muta'alim book is of the idealistic type, while axiologically it is based on the concept of moral education. The book is also in line with the principles of eternity and universality, the principle of order of the universe, the principle of human innate nature, the principle of the basic goals of education, the principle of rationality, and the principle of wisdom in the perennialist educational philosophy.

Kata Kunci : Perenialisme, Pendidikan, Ta’lim Muta’alim.

  1. S1-2024-441642-abstract.pdf  
  2. S1-2024-441642-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-441642-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-441642-title.pdf