Peran Freebies Photocard Idol K-Pop terhadap Intensi Membeli pada Generasi Milenial dan Generasi Z
NUR LAILA NISFIA, Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Intensi membeli pada
generasi milenial dan generasi z semakin meningkat seiring dengan banyaknya
perusahaan yang menggaet idol K-Pop sebagai ambassador
merek dan memberikan hadiah gratis berupa kartu foto idol K-Pop pada produknya secara terbatas. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengondisian
instrumental berupa pemberian hadiah gratis
kartu foto idol K-Pop diberlakukan dalam pemasaran sehingga dapat meningkatkan niat beli pada generasi milenial dan generasi z. Purchase
Intention Scale dan Instrumental Conditioning Scale merupakan
instrumen yang digunakan. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 140 generasi
milenial dan generasi z. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear
sederhana dengan hasil R2 = 0,110 (p=0,000) yang menerangkan
bahwa freebies photocard idol K-Pop berperan signifikan terhadap intensi
membeli pada generasi milenial dan generasi z dengan arah korelasi
positif.
Purchase intention in millennials
and generation z is increasing along with the number of companies that attract
K-Pop idols as brand ambassadors and provide freebies in the form of K-Pop idol
photo cards on their products on a limited basis. This study aims to determine
how instrumental conditioning in the form of giving freebies of K-Pop idol
photo cards is applied in marketing so that it can increase purchase intention
in millennials and generation z. Purchase Intention Scale and Instrumental
Conditioning Scale are the instrumens used. This quantitative
research involved 140 millennials and generation z. Data analysis was carried
out using simple linear regression with results R2 = 0,110
(p = 0,000) which explained that K-Pop idol photocard freebies play a
significant role in purchase intention in millennials and generation z with a
positive correlation direction.
Kata Kunci : pengondisian instrumental, hadiah gratis, kartu foto idol K-pop, intensi membeli, generasi milenial, generasi z