VALUASI EKONOMI OBYEK WISATA TAMAN PINTAR KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN
Nuha Nur Azizah, Anisa Nurpita, S.E., M.Ec.Dev.
2023 | Tugas Akhir | D4 Manajemen dan Penilaian Properti
Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu taman publik terkenal di Kota Yogyakarta. Taman ini dibangun atas dasar tujuan pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan saran pembelajaran bagi siswa untuk mendukung kurikulum pendidikan. Studi ini dilakukan untuk mengetahui demografi pengunjung Taman Pintar Yogyakarta, mengetahui kondisi kualitas sarana pendukung di kawasan Taman Pintar Yogyakarta, menentukan nilai ekonomi Taman Pintar Yogyakarta, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta. Nilai ekonomi terhadap Taman Pintar Yogyakarta dapat ditentukan menggunakan Travel Cost Method (TCM). Hasil dari studi yang dilakukan menunjukkan dari karakteristik demografi bahwa kelompok wisatawan berdasarkan jenis kelamin sebanyak 84,31% didominasi oleh Wanita, dari sisi usia pengunjung, kelompok terbesar sebanyak 48,34% yang didominasi pengunjung berusia 26-35 tahun, dari sisi jenis pekerjaan, kelompok pengunjung terbesar dengan status pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa sebanyak 29,96%, dari sisi pendidikan, mayoritas pengunjung menempuh tingkat pendidikan terakhir S1/D4 sebesar 38,01?ri total responden, dari sisi asal daerah, pengunjung dengan kelompok terbesar didominasi oleh pengunjung yang berasal dari luar provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan tingkat persentase sebesar 70,48%. Kemudian, faktor-faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan adalah biaya perjalanan dan jarak tempuh. Taman Pintar Yogyakarta menghasilkan surplus konsumen sebesar Rp1.092.299,00 per individu yang artinya rata-rata pengunjung Taman Pintar Yogyakarta dalam satu tahun mendapatkan surplus konsumen sebesar nilai tersebut. Nilai ekonomi Taman Pintar Yogyakarta sebesar Rp966.448.917.307,00.
Taman Pintar Yogyakarta is one of the famous public parks in Yogyakarta City. This park was built based on the purpose of the Yogyakarta City government to provide learning advice for students to support the educational curriculum. This study was conducted to determine the demographics of visitors to Taman Pintar Yogyakarta, determine the condition of the quality of supporting facilities in the Taman Pintar Yogyakarta area, determine the economic value of Taman Pintar Yogyakarta, and analyse factors that affect the number of tourist visits in Taman Pintar Yogyakarta. The economic value of Taman Pintar Yogyakarta can be determined using the Travel Cost Method (TCM) and using multiple linear analysis tools with the Ordinary Least Squares (OLS) method. The results of the study conducted showed from demographic characteristics that the group of tourists based on gender as much as 84.31% was dominated by women, in terms of age of visitors, the largest group was 48.34% dominated by visitors aged 26-35 years, in terms of type of work, the largest group of visitors with work status as students / students as much as 29.96%, in terms of education, the majority of visitors took the last level of education S1 / D4 38.01% of the total respondents, in terms of regional origin, visitors with the largest group are dominated by visitors from outside the province of Yogyakarta Special Region (DIY) with a percentage rate of 70.48%. Then, the factors that affect the number of visits is travel costs and mileage. Taman Pintar Yogyakarta generates a consumer surplus of Rp1,092,299.00 per individual, which means that the average visitor to Taman Pintar Yogyakarta in one year gets a consumer surplus of that value. The economic value of Taman Pintar Yogyakarta is Rp966,448,917,307.00.
Kata Kunci : nilai ekonomi, surplus konsumen, taman publik, travel cost