Laporkan Masalah

Strategi Pengembangan Pasar CV XYZ Dalam Industri Furnitur

Renny Khairini, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

CV XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di industri furnitur yang berasal dari Kabupaten Jepara Jawa Tengah.  Saat ini perusahaan hanya memproduksi dan memasarkan produknya untuk pasar Internasional. Melihat peluang konsumen furnitur pasar domestik terutama kelas menengah dan atas terus mengalami kenaikan, dampak dari membaiknya industri properti dan bisnis hospitality. Seiring dengan dukungan pemerintah pada industri furnitur Indonesia untuk terus meningkatkan daya saing dan produktivitasnya melalui berbagai kebijakan, salah satunya didukung dengan konsumsi belanja pemerintah melalui pemanfaatan produk dengan Tingkat Komponen Dalam Negri (TKDN) yang sesuai dengan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negri (P3DN). Hal ini memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengembangkan portofolio bisnisnya guna mengoptimalkan kinerjanya dan memaksimalkan pangsa pasarnya. Perusahaan melakukan ekspansi dengan pengembangan pasar untuk memasuki pasar domestik Indonesia. Teknik analisis yang digunakan yaitu matriks IFE, EFE, IE dan QSPM.

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis strategi masuk pasar yang tepat bagi CV XYZ untuk dapat menerapkan strategi pengembangan pasar di industri furnitur. Hasil penelitian ini yaitu teridentifikasinya faktor internal dan eksternal dari lingkungan bisnis perusahaan serta alternatif strategi masuk pasar yang tepat bagi perusahaan. Didapatkan hasil perhitungan nilai IFE sebesar 2,566 dan nilai EFE sebesar 3,008. Dalam kuadran matriks IE, perusahaan terletak pada fase tumbuh dan berkembang (grow and build). Sehingga melalui matriks QSPM, alternatif strategi masuk pasar terbaik bagi perusahaan yaitu CV XYZ melakukan kerjasama berupa aliansi untuk memasuki pasar baru dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 6,079.

Hasil analisis yang didapatkan yaitu sebanyak 10 faktor internal dan 10 faktor eksternal. Metode penelitian ini berguna untuk pengembangan pasar melalui pemilihan strategi masuk alternatif strategi.

CV XYZ is a company engaged in the furniture industry originating from Jepara Regency, Central Java. Currently, the company only produces and markets its products for the International market. Seeing the opportunity for domestic market furniture consumers, especially the middle and upper classes, continues to increase, the impact of the improving property industry and hospitality business. Along with government support for the Indonesian furniture industry to continue to improve its competitiveness and productivity through various policies, one of which is supported by government spending consumption through the use of products with the Domestic Component Level (TKDN) by the Increasing Use of Domestic Products (P3DN) program. This provides an opportunity for the company to develop its business portfolio to optimize its performance and maximize its market share. The company expands with market development to enter the Indonesian domestic market. The analysis techniques used are IFE, EFE, IE, and QSPM matrices.

The purpose of this research is to analyse the right market entry strategy for CV XYZ to be able to implement market development strategies in the furniture industry. The results of this study are the identification of internal and external factors of the company's business environment and alternative market entry strategies that are right for the company. The calculation of the IFE value is 2,566, and the EFE value is 3,008. In the quadrant of the IE matrix, the company lies in the growth and build phase. Through the QSPM matrix, the best alternative market entry strategy for companies, namely CV XYZ, collaborates in the form of alliances with Total Attractiveness Score (TAS) value of 6,079.

The results obtained in the analysis are as many as ten  internal factors and ten external factors. This research method is useful for market development through the selection of alternative entry strategies.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan Pasar, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks QSPM, Alternatif Strategi

  1. S2-2023-484898-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484898-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484898-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484898-title.pdf