Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Dan Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dengan Basic Need Satisfaction Sebagai Mediasi. Studi Pada PT. Astra Daihatsu Motor
Brian Patang, Gugup Kismono, MBA., Ph.D.,
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Astra
Daihatsu Motor adalah perusahaan otomotif roda empat yang memproduksi tidak
hanya model dengan merek Daihatsu tetapi juga Toyota di Indonesia. Saat ini Industri
otomotif roda empat tengah menghadapi masa yang sulit semenjak pandemi terjadi.
Akan tetapi Astra Daihatsu Motor mampu lebih siap dan mengalami recovery
lebih cepat dibandingkan kompetitor. Hal ini tidak lepas dari bagaimana
perusahaan terus melakukan inovasi yang sudah menjadi DNA perusahaan yaitu continuous improvement. Perusahaan mengimplementasikan strategi
inovasi mereka salahsatunya dengan mendorong adanya kepemimpinan
transformasional dan dukungan perusahaan dalam mendorong perilaku inovasi
karyawan.
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari
kepemimpinan transformasional dan persepsi dukungan organisasi melalui
peningkatan basic need satisfaction pada
perilaku kerja inovatif karyawan Astra Daihatsu Motor. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif yang menggunakan aplikasi SEM-AMOS untuk mengolah
datanya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey dengan menyebarkan
kuesioner kepada responden yang merupakan karyawan perusahaan pada level
jabatan supervisor, kepala departemen, dan kepala divisi.
Hasil
penelitian yang dilakukan kepada 208 karyawan menunjukkan hasil bahwa
kepemimpinan transformasional dan juga persepsi dukungan organisasi tidak
secara langsung mempengaruhi perilaku kerja inovatif. Akan tetapi peran dari basic need satisfaction dibutuhkan untuk dapat memediasi pengaruh
tersebut. Penelitian ini menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai
hubungan antara kepemimpinan transformasional, persepsi dukungan organisasi,
dan perilaku kerja inovatif serta peran penting dari basic need satisfaction sebagai pemediasi.
Astra Daihatsu Motor is a four-wheeled automotive
company that produces not only Daihatsu-branded models but also Toyota models
in Indonesia. Currently, the four-wheeled automotive industry is facing
challenging times since the onset of the pandemic. However, Astra Daihatsu
Motor has demonstrated greater preparedness and experienced a faster recovery
compared to competitors.. This can be attributed to the company's continuous
commitment to innovation, which is ingrained in its corporate DNA. The company
implements its innovation strategy, among other things, by promoting
transformational leadership and providing support to encourage innovative work behavior.
The purpose of this research is to determine the
extent to which transformational leadership and perceived organizational
support influence with mediation of basic need
satisfaction in the innovative work behavior of Astra Daihatsu Motor employees.
This research employs a quantitative approach using the SEM-AMOS application to
analyze the data. Data collection is carried out through a survey by
distributing questionnaires to respondents who are employees of the company at
the supervisor, department head, and division head levels.
The results of the
research conducted on 208 employees indicate that transformational leadership
and organizational support perceptions do not directly influence innovative
work behavior. However, the role of basic need satisfaction is crucial in
mediating these influences. This research provides a better understanding of the
relationship between transformational leadership, perceived organizational support, and innovative work behavior, highlighting the
important role of basic need satisfaction as a mediator.
Kata Kunci : Kepemimpinan transformasional, persepsi dukungan organisasi, perilaku kerja inovatif, dan basic need satisfaction.