Laporkan Masalah

Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Dan Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dengan Basic Need Satisfaction Sebagai Mediasi. Studi Pada PT. Astra Daihatsu Motor

Brian Patang, Gugup Kismono, MBA., Ph.D.,

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Astra Daihatsu Motor adalah perusahaan otomotif roda empat yang memproduksi tidak hanya model dengan merek Daihatsu tetapi juga Toyota di Indonesia. Saat ini Industri otomotif roda empat tengah menghadapi masa yang sulit semenjak pandemi terjadi. Akan tetapi Astra Daihatsu Motor mampu lebih siap dan mengalami recovery lebih cepat dibandingkan kompetitor. Hal ini tidak lepas dari bagaimana perusahaan terus melakukan inovasi yang sudah menjadi DNA perusahaan yaitu continuous improvement. Perusahaan mengimplementasikan strategi inovasi mereka salahsatunya dengan mendorong adanya kepemimpinan transformasional dan dukungan perusahaan dalam mendorong perilaku inovasi karyawan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari kepemimpinan transformasional dan persepsi dukungan organisasi melalui peningkatan basic need satisfaction pada perilaku kerja inovatif karyawan Astra Daihatsu Motor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan aplikasi SEM-AMOS untuk mengolah datanya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan karyawan perusahaan pada level jabatan supervisor, kepala departemen, dan kepala divisi.

Hasil penelitian yang dilakukan kepada 208 karyawan menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan transformasional dan juga persepsi dukungan organisasi tidak secara langsung mempengaruhi perilaku kerja inovatif. Akan tetapi peran dari basic need satisfaction dibutuhkan untuk dapat memediasi pengaruh tersebut. Penelitian ini menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara kepemimpinan transformasional, persepsi dukungan organisasi, dan perilaku kerja inovatif serta peran penting dari basic need satisfaction sebagai pemediasi.

Astra Daihatsu Motor is a four-wheeled automotive company that produces not only Daihatsu-branded models but also Toyota models in Indonesia. Currently, the four-wheeled automotive industry is facing challenging times since the onset of the pandemic. However, Astra Daihatsu Motor has demonstrated greater preparedness and experienced a faster recovery compared to competitors.. This can be attributed to the company's continuous commitment to innovation, which is ingrained in its corporate DNA. The company implements its innovation strategy, among other things, by promoting transformational leadership and providing support to encourage innovative work behavior.

The purpose of this research is to determine the extent to which transformational leadership and perceived organizational support influence with mediation of basic need satisfaction in the innovative work behavior of Astra Daihatsu Motor employees. This research employs a quantitative approach using the SEM-AMOS application to analyze the data. Data collection is carried out through a survey by distributing questionnaires to respondents who are employees of the company at the supervisor, department head, and division head levels.

The results of the research conducted on 208 employees indicate that transformational leadership and organizational support perceptions do not directly influence innovative work behavior. However, the role of basic need satisfaction is crucial in mediating these influences. This research provides a better understanding of the relationship between transformational leadership, perceived organizational support, and innovative work behavior, highlighting the important role of basic need satisfaction as a mediator.

Kata Kunci : Kepemimpinan transformasional, persepsi dukungan organisasi, perilaku kerja inovatif, dan basic need satisfaction.

  1. S2-2023-489915-abstract.pdf  
  2. S2-2023-489915-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-489915-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-489915-title.pdf