PERANCANGAN MODEL BISNIS DESTINASI EKSPRESI EMOSI BERBASIS SENI (SEMBAGI ARUTALA STUDIO)
Nandini Catra Nabilah, Boyke Rudy Purnomo, S.E.,M.M.,Ph.D.,CFP.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Sembagi Arutala Studio adalah sebuah destinasi ekspresi emosi berbasis seni yang menghadirkan ruangan dimana individu dapat mengekspresikan emosi terpendamnya dalam media cat di dalam ruangan cat percikan (splatter paint room). Berangkat dari upaya preventif permasalahan kesehatan mental, destinasi ekspresi emosi ini menjadi wadah ekspresikan berbagai macam emosi terutama emosi negatif yang selama ini dianggap tabu mansyarakat, dimana terdapat edukasi bahwa emosi negatif dapat diluapkan dengan cara positif melalui seni. Namun, masih diperlukan kajian lebih lanjut mengenai perancangan model bisnis yang tepat bagi Sembagi Arutala Studio sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan dalam bisnis. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk mencancang model bisnis Sembagi Arutala Studio yang disertai dengan analisis peta empati calon pelanggan, dan kelayakan model bisnis Sembagi Arutala Studio.
Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan kepada bisnis dengan layanan hampir sejenis dan wawancara dilakukan kepada bisnis dengan layanan hampir sejenis serta calon pelanggan. Observasi dilakukan untuk mengetahui gambaran nyata layanan yang ditawarkan bisnis dengan layanan sejenis. Hasil wawancara dengan calon pelanggan dianalisis dengan menggunakan analisis konten untuk membentuk peta empati yang menjelaskan kekhawatiran dan keinginan calon pelanggan. Wawancara kepada bisnis dengan layanan sejenis dianalisis menggunakan analisis konten dan diintrepretasikan dalam sembilan blok Kanvas Model Bisnis. Metode kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menguji kelayakan bisnis Sembagi Arutala Studio dengan menghitung Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP).
Penelitian ini menghasilkan peta empati calon pelanggan Sembagi Arutala Studio serta rancangan model bisnis Sembagi Arutala Studio. Calon pelanggan merasa tertarik mengunjungi destinasi ekspresi emosi berbasis seni karena selama ini belum ada destinasi yang mewadahi individu luapkan emosi negatif dengan cara positif melalui seni, karena kegiatan seni identik dengan aktifitas mengeluarkan emosi positif saja. Selain itu, dari analaisis kelayakan bisnis secara finansial, dihasilkan nilai NPV sebesar Rp 255.130.992, nilai IRR sebesar 59%, dan nilai PP sebesar 2,02 yang berarti investasi yang dikeluarkan akan kembali selama 2 tahun 5 bulan. Dengan kata lain, berdasarkan analisis kelayakan finansial tersebut, maka bisnis Sembagi Arutala Studio layak untuk dijalankan.
Kata Kunci : Model Bisnis, Destinasi Ekspresi Emosi, Ruang Cat Percikan, Seni Kesehatan Mental, Seni dan Kesehatan Mental , Business Model, Emotional Expression Destination, Splatter Paint Room, Arts and Mental Health.