Laporkan Masalah

Analisis Peluang Pasar Poliklinik Obstetri dan Ginekologi RSIA Mardi Waloeja Rampal

Nina Hertiwi Putri, Dr. dr. Susilowati, M.Kes

2023 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN

Latar belakang: Berdasarkan data selama tahun 2022, jumlah kunjungan pasien di poliklinik rawat jalan obstetri dan ginekologi di RSIA Mawar kian turun. Karena itu, dibutuhkan analisis peluang pasar yang tepat agar rumah sakit bisa menyusun strategi pemasaran maupun pengembangan yang akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan pasien.


Tujuan: Menganalisis peluang pasar dan mengetahui kondisi internal serta eksternal poliklinik obstetri dan ginekologi RSIA Mawar. 


Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, sedangkan data sekunder diperoleh dari penelusuran dokumen dan observasi. Cara pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang didapatkan diolah menggunakan Porter's 5 Force Analysis, metode SWOT dan matriks Ansoff, setelah itu dianalisis menggunakan thematic analysis.


Hasil: Hasil analisis kompetitor menunjukkan daya saing poliklinik obstetri dan ginekologi RSIA Mawar masih lemah karena kurangnya promosi dan tidak ditonjolkannya keunikan dan keunggulan yang dimiliki. Sedangkan analisis eksternal menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pasien dalam memilih poliklinik obstetri dan ginekologi adalah rekomendasi, pelayanan, lokasi, dan harga. Berdasarkan analisis internal dan eksternal diperoleh hasil skoring dengan matriks IFE adalah 2,75 dan matriks EFE adalah 2,28, sehingga masuk ke dalam kolom V dalam matriks IE dan kuadran I dalam diagram SWOT. Analisis matriks Ansoff menunjukkan bahwa peluang pasar yang dimiliki diraih dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Kesimpulan: Peluang pasar yang bisa didapatkan lewat strategi penetrasi pasar adalah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan dan memperbanyak kerjasama asuransi swasta, membuat program referral serta memperbaiki promosi. Sedangkan peluang pasar yang bisa didapatkan lewat strategi pengembangan produk adalah membuat program fertility day dan membuka reproductive health center.

Background: According to 2022 data, the number of outpatient visits in obstetrics and gynecology clinic at RSIA Mardi Waloeja Rampal keeps declining. Therefore, market opportunity analysis is needed to help RSIA Mawar develop marketing and development strategies that will help increase the utilization of obstetrics and gynecology polyclinics.

Objective: Analyzing market opportunities and understanding the internal and external conditions of the obstetrics and gynecology clinic at RSIA Mawar.

Method: This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Primary data were obtained through in-depth interviews. Secondary data are obtained from document tracing and observation. The samples are selected using purposive sampling method. The collected data is processed using Porter's 5 Force Analysis, SWOT method, and Ansoff matrix. Subsequently, a thematic analysis is applied to analyze the data.

Result: From the competitor analysis, it is evident that the competitiveness of the obstetrics and gynecology clinic is still low compared to competitors. This is caused by lack of promotion and the failure to highlight the uniqueness and advantages it possesses. Based on internal and external analyses, the scoring results were 2.75 for the IFE matrix and 2.28 for the EFE matrix. RSIA Mawar falls into column V in the IE matrix and quadrant I in the SWOT diagram. The Ansoff matrix analysis indicates that market opportunities can be seized through market penetration and product development strategies.

Conclusions: Market opportunities that can be obtained through a market penetration strategy include establishing partnerships with BPJS Kesehatan and increasing collaboration with private insurance companies, implementing referral programs, and improving promotional activities. Meanwhile, market opportunities that can be acquired through a product development strategy involve creating a fertility day program and establishing a reproductive health center.

Kata Kunci : analisis peluang pasar, analisis kompetitor, analisis internal, analisis eksternal, Porter's Five Forces analysis, analisis SWOT, matriks Ansoff

  1. S2-2023-485319-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485319-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485319-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485319-title.pdf