Laporkan Masalah

Strategi paradox of choice dalam rangka keberlanjutan dan optimalisasi bisnis melalui pendekatan objective and key results: studi kasus di PT. Ucoal Group.

Prastiyo Diatmono, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc., CMA., Ak., CA.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Latar Belakang: Situasional Paradox of choice  yang terjadi di PT Ucoal Group dengan banyaknya strategi yang tidak fokus menyulitkan dalam pelaksanaannya sehingga saat ini berpeluang untuk memperbaiki strategi yang banyak dibuat dapat disederhanakan melalui dua strategi tahapan penambangan batubara  yang harus dipenuhi, yaitu tahapan eksplorasi merupakan kegiatan yang dibagi menjadi penyelidikan umum, eksplorasi dan studi kelayakan (feasibility study) dan tahapan kegiatan produksi yang terdiri dari kegiatan konstruksi, penambangan, pengelolaan dan pemurnian atau pengembangan atau pemanfaatan dan terakhir adalah pengangkutan dan penjualan.
Tujuan: Dalam penelitian ini tujuan yang akan menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaiman penerapan strategi paradox of choice pada tahapan explorasi dan produksi serta menilai keberhasilan strategi tersebut melalui pendekatan objective and key results (OKR).
Metode: Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam pada kasus di PT. Ucoal dengan menggunakan data populasi dari PT Ucoal jumlah sampel 10 orang sebagai pengambil keputusan pada level GM-up sampai dengan level Direktur Utama.
Hasil: Penelitian ini menghasilkan strategi paradox of choice meliputi tahapan eksplorasi adalah perencanaan eksplorasi yang sudah disetujui Pemerintah dapat dilakukan melalui kerjasama  external / kontraktor eksplorasi melalui proses tender berorientasi pada keakuratan hasil data eksplorasi dan Setiap perencanaan dilakukan kontrol dan evaluasi secara ketat mengenai cadangan batubara yang ditemukan (base on performance), Sedangkan hasil pada tahapan produksi adalah Pengelolaan produksi operasional tambang dilakukan melalui external contractor dengan standarisasi ketat berorientasi pada performance dan Pengelolaan Port dilakukan dari Internal melalui standarisasi SOP yang jelas dan berkualitas.
Kesimpulan: Strategi paradox of choice pada tahapan eksplorasi dan produksi sebagian sudah dilaksanakan dengan menghasilkan progress yang cukup baik dengan pengukuran kinerja melalui Objective and key results yang dilakukan evaluasi tiap 3 bulan sekali untuk keberlanjutan dan optimalisasi bisnis perusahaan.


Background: The situation of the paradox of choice that occurs at the PT Ucoal Group with a lot of strategies that are not focused complicates in its implementation so that the current opportunity to improve the strategies many made can be simplified through two stages of coal mining strategy that must be met, namely the stage of exploration, which is an activity that is divided into general research, exploration, and feasibility studies (feasibility study), and the stage of production activity consisting of construction, mining, management, and purification or development or utilization, and lastly transportation and sales.
Objectives: In this study, the objective will be to answer the research question about how to apply the strategy of paradox of choice at the stage of exploration and production and to evaluate the success of such a strategy through the approach objective and key results (OKR).
Methods: In this study using qualitative research using case study research methods by conducting in-depth interviews on cases at PT Ucoal using population data from PT Ucoal, the number of samples was 10 people as decision-makers at the GM-up level to the President Director level.
Results: This research produces a paradox of choice strategy covering the exploration stage, namely exploration planning that has been approved by the Government can be carried out through external cooperation / exploration contractors through a tender process oriented to the accuracy of exploration data results and every planning is strictly controlled and evaluated regarding the coal reserves found (base on performance), While the results at the production stage are mine operational production management is carried out through external contractors with strict standardisation oriented to performance and port management is carried out from Internal through clear and quality SOP standardization.
Conclusion: The paradox of choice strategy at the exploration and production stages has been partially implemented by producing good progress with performance measurement through objectives and key results that are evaluated every 3 months for the sustainability and optimization of the company's business.


Kata Kunci : Keywords: paradox of choice strategy, sustainability, optimization, objectives and key results.

  1. S2-2013-490000-abstract.pdf  
  2. S2-2013-490000-bibliography.pdf  
  3. S2-2013-490000-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2013-490000-title.pdf  
  5. S2-2023-490000-abstract.pdf  
  6. S2-2023-490000-bibliography.pdf  
  7. S2-2023-490000-tableofcontent.pdf  
  8. S2-2023-490000-title.pdf