Laporkan Masalah

ANALISIS PENERAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN STRATEGIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN AKUNTABILITAS PERUSAHAAN: STUDI PADA PT KALTIM PRIMA COAL

Artur Haruka, Ely Susanto, S.IP., M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT Kaltim Prima Coal adalah perusahaan tambang batu bara di Indonesia. Tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan bersifat strategis karena dibentuk, dilakukan, serta dievaluasi sesuai dengan arah visi, misi, dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tanggung jawab sosial perusahaan strategis dengan menganalisis dan mengetahui faktor tantangan yang terjadi dengan pendekatan akuntabilitas perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam tidak terstruktur dan analisis dokumen perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai proses tanggung jawab sosial perusahaan strategis yang dilakukan oleh perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan. Perusahaan telah melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan strategis berdasarkan pendekatan akuntabilitas perusahaan. Kesesuaian proses manajemen strategis dan tanggung jawab sosial perusahaan mempertimbangkan visi, misi, dan nilai perusahaan. Penerapan tanggung jawab sosial perusahaan strategis berdasarkan akuntabilitas perusahaan terlihat dari laporan keberlanjutan perusahaan, sistem pengendalian internal, penentuan ketetapan kerja yang sesuai pada bidangnya, dan pemenuhan seluruh kebutuhan pemangku kepentingan. Penciptaan nilai bersama dalam beberapa program menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan menjadi lebih strategis. Tantangan yang dihadapi adalah perbedaan persepsi terkait tanggung jawab sosial perusahaan serta kebijakan yang berubah. Peneliti menyarankan perusahaan melalukan audit eksternal setiap dua tahun sekali, melakukan pemusatan informasi terpadu secara digital untuk kemudahan karyawan terkait pengumpulan data laporan yang terstruktur, rapi, memudahkan pelacakan dokumen, tepat waktu, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan. Hal tersebut juga diikuti dengan komunikasi dan koordinasi yang terus menerus dilakukan secara berkala kepada seluruh pemangku kepentingan, baik dalam perusahaan dan luar perusahaan untuk menciptakan pemahaman bersama terkait tanggung jawab sosial perusahaan, seluruh komponen di dalamnya, serta akuntabilitas perusahaan.

PT Kaltim Prima Coal is a coal mining company in Indonesia. Corporate social responsibility carried out is strategic because it is formed, carried out, and evaluated in accordance with the direction of the company's vision, mission, and values. This study aims to evaluate strategic corporate social responsibility by analyzing and knowing the challenge factors that occur with a corporate accountability approach. Data collection techniques are carried out by in-depth unstructured interviews and analysis of company documents to obtain information about the strategic corporate social responsibility process carried out by the company to all stakeholders. The Company has implemented strategic corporate social responsibility based on a corporate accountability approach. The suitability of strategic management processes and corporate social responsibility considers the vision, mission, and values of the company. The implementation of strategic corporate social responsibility based on corporate accountability can be seen from the company's sustainability report, internal control system, determination of appropriate work provisions in their fields, and meeting all stakeholder needs. Shared value creation in several programs makes corporate social responsibility more strategic. The challenge faced is the difference in perceptions related to corporate social responsibility and changing policies. Researchers suggest that companies conduct external audits every two years, centralizing integrated information digitally for the convenience of employees related to data collection reports that are structured, neat, facilitate document tracking, on time, and can be accounted for to stakeholders. This is also followed by regular communication and coordination to all stakeholders, both within the company and outside the company to create a common understanding regarding corporate social responsibility, all components in it, and corporate accountability.

Kata Kunci : Corporate Accountability, Corporate Social Responsibility, Strategic Management

  1. S2-2023-470898-abstract.pdf  
  2. S2-2023-470898-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470898-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-470898-title.pdf