Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT XYZ DALAM INDUSTRI AGENSI PEMASARAN DIGITAL

ANTONIUS GURUN ARDHITA, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.,

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Industri pemasaran digital melalui agensi merupakan bagian dari sektor industri kreatif yang sedang mengalami pertumbuhan pesat saat ini. Popularitas media sosial semakin meningkat di Indonesia, yang terbukti dengan pertumbuhan jumlah pengguna dari tahun ke tahun.


Salah satu perusahaan di bidang agensi digital yang mencakup layanan pemasaran digital dan konsultasi teknologi adalah PT XYZ. Perusahaan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan dalam pemasaran digital dan konsultasi teknologi, dengan fokus pada membangun interaksi yang lebih aktif antara merek perusahaan dan konsumen melalui berbagai media digital seperti internet, perangkat mobile, dan media digital lainnya. Media sosial menjadi platform utama bagi agensi pemasaran digital ini. Walaupun media sosial memiliki daya tarik yang besar, persaingan di antara agensi digital cukup sengit. Persaingan ini semakin rumit karena kondisi industri yang dinamis dan masa depan yang penuh tantangan dan ketidakpastian. PT XYZ perlu menganalisis faktor-faktor eksternal ini dan merumuskan strategi yang sesuai, menggunakan alat analisis seperti analisis lima kekuatan Porter, analisis fungsional, analisis Resources Based View (RBV),dan analisis VRIO.


Melalui analisis Porter’s driving forces , dapat disimpulkan bahwa ancaman tertinggi berasal dari kemungkinan masuknya pesaing baru, negosiasi pembeli dan persaingan antara perusahaan-perusahaan dalam industri ini, dibandingkan dengan faktor ancaman lainnya. Banyaknya pesaing baru menyebabkan persaingan yang kuat di antara agensi digital. Peningkatan jumlah pengguna aktif media sosial juga memperkuat pengaruh agensi digital. Untuk mengatasi ancaman-ancaman tersebut, strategi yang paling tepat

adalah strategi diferensiasi. Pendekatan ini melibatkan inovasi konsep dan ide peningkatan dalam proses produksi dibandingkan dengan pesaing agensi digital lainnya, serta penekanan pada membangun citra perusahaan dan identitas yang unikuntuk meningkatkan nilai penawaran kepada konsumen.

The digital marketing industry through agencies is part of the creative industry sector that is currently experiencing rapid growth. The popularity of social media is increasing in Indonesia, as evidenced by the growing number of users year by year.


One of the companies in the digital agency field that offers digital marketing and technology consulting services is PT XYZ. The company aims to meet the needs of businesses in digital marketing and technology consulting, with a focus on building more active interactions between corporate brands and consumers through various digital media such as the internet, mobile devices, and other digital media. Social media serves as the primary platform for this digital marketing agency. Although social media has a strong appeal, the competition among digital agencies is quite fierce. This competition becomes more complex due to the dynamic industry conditions and a future filled with challenges and uncertainties. PT XYZ needs to analyze these external factors and formulate appropriate strategies, using analytical tools such as Porter's Five Forces analysis, functional analysis, Resource-Based View (RBV) analysis, and VRIO analysis.


Through Porter's driving forces analysis, it can be concluded that the highest threats come from the potential entry of new competitors, buyer negotiation power, and competition among companies in this industry, compared to other threat factors. The presence of many new competitors leads to strong competition among digital agencies. The increasing number of active social media users also strengthens the influence of digital agencies. To address these threats, the most appropriate strategy is a differentiation strategy. This approach involves innovation in concepts and ideas, improvements in production processes compared to other digital agency competitors, and an emphasis on building a unique corporate image and identity to enhance the value proposition to consumers.

Kata Kunci : Analisis Porter, Analisis VRIO, Strategi bersaing

  1. S2-2023-465191-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465191-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465191-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465191-title.pdf