Laporkan Masalah

ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN PADA INDUSTRI ALAT BERAT DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN AFI-FRAMEWORK

Priyonggo Setyoadi Prabowo, Sari Sitalaksmi, M.Mgmt., Ph.D

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Industri alat berat di Indonesia terus bertumbuh seiring dengan peningkatan kebutuhan alat berat di sektor pertambangan, konstruksi, pertanian dan perkebunan. Volvo Construction Equipment (VCE) adalah merek alat berat global yang berasal dari Swedia dengan pangsa pasar yang dimiliki mencapai 5 besar dunia. PT Indotruck Utama (ITU) merupakan salah satu perusahaan penyedia truck, bis dan alat berat dibawah naungan PT Wahana Inti Selaras (Wisel) dalam korporasi grup Indomobil.  PT Volvo Indonesia (PTVI) menunjuk ITU sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk Volvo dengan wilayah pemasaran seluruh  Indonesia.

Pangsa pasar VCE di Indonesia  pada tahun 2022 masih  tertinggal jauh dengan persentase rata-rata hanya 2,1%.  ITU sebagai bagian dari salah satu grup otomotif terbesar di Indonesia harus dapat meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan perusahaan melalui strategi manajemen perusahaan. Analisis keunggulan bersaing perusahaan berdasarkan pendekatan rerangka kerja Analyze, Formulate, dan Implement (AFI) diharapkan dapat memberikan gambaran analisis strategi manajamen perusahaan saat ini, sehingga dapat  disusun kembali strategi bisnis yang dapat diimplementasikan di ITU.

Penelitian kualitatif yang dilakukan dalam bentuk wawancara secara mendalam kepada para narasumber dapat diambil kesimpulan bahwa ITU  memiliki keunggulan bersaing yang berkelanjutan berupa modal dan pengelolaan keuangan, lokasi dan distribusi penjualan VCE, Inovasi dan kemajuan teknologi serta grup perusahaan Indomobil yang mampu menciptakan sinergi bisnis antar perusahaan. Untuk dapat meningkatkan keunggulan bersaing, ITU dapat mengembangkan bisnisnya melalui strategi diferensiasi, strategi first mover advantage, strategi inovasi perubahan, dan strategi aliansi bisnis dengan industri manufaktur lainnya. 

Heavy equipment industry in Indonesia continues to grow along with the increasing demand for heavy equipment, especially in the mining, construction, agriculture and plantation sectors. Volvo Construction Equipment (VCE) is a global heavy equipment form Sweden with a market share in top 5 over the world. PT Indotruck Utama (ITU) is one of the companies providing trucks, busses, and heavy equipment under PT Wahana Inti Selaras (Wisel) within the Indomobil group corporation. PT Volvo Indoneisa (PTVI) appointed ITU as a sole distributor for Volvo in Indonesia Market.


VCE market share in Indonesia was low with an average percentage only 2,1%. ITU as a part of one of the largest automotive group in Indonesia must be able to increasing the VCE’s market share and increasing company revenue through company management strategies. Analysis of company’s competitive advantage based on the Analyze, Formulate and Implement (AFI) framework approach is expected to provide an analytical picture of current strategy of company, so that business strategies can be arrange and implemented at ITU.


Qualitative research conducted in the form of in-depth interviews with specific persons can be concluded that ITU already has sustainable competitive advantages in capital and financial management, location and distribution of VCE sales, innovation and technological progress as well as the Indomobil group can able to create a business intern-company strategies. ITU can increase competitive advantage with developing its business through differentiation strategies, first mover advantage strategies, incremental innovation strategies, and business alliance strategies with other manufacturing industries.


Kata Kunci : Rerangka kerja AFI, Keunggulan Bersaing, Diferensiasi

  1. S2-2023-486529-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486529-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486529-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486529-title.pdf