Pengaruh Kepemimpinan Otentik Terhadap Perilaku Inovatif dengan Keterikatan Proses Kreatif sebagai Pemediasi dan Iklim Kreatif Persepsian sebagai Pemoderasi
Syauqina Hening Salsabila, Dr. Claudius Budi Santoso, M.Bus.
2024 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN
Dalam proses adaptasi terhadap perubahan, organisasi
dituntut untuk bisa menjawab ketidakpastian dan menekankan keunggulan
kompetitif dengan gebrakan yang inovatif. Kepemimpinan otentik muncul sebagai
salah satu gaya kepemimpinan yang merespon perubahan dinamis organisasi
berdasarkan pada etika dan moral serta membangun hubungan kepercayaan. Penelitian
ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan otentik terhadap perilaku
inovatif baik secara langsung dan tidak langsung melalui keterikatan proses
kreatif, serta melihat peran iklim kreatif persepsian untuk kreativitas sebagai
moderator dalam hubungan tersebut. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif
menggunakan survei, responden penelitian adalah karyawan start-up digital
di Indonesia. Sample data dari penelitian ini sebanyak 151 responden. Data yang
diperoleh dianalisis dengan SPSS macro-PROCESS untuk menguji hipotesis
dan menilai efek moderasi dan mediasi dari variabel-variabel tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kepemimpinan otentik terhadap perilaku inovatif karyawan. Selain itu, analisis
mediasi juga mengungkapkan bahwa keterikatan proses kreatif memediasi hubungan
antara kepemimpinan otentik dan perilaku inovatif. Penelitian ini hanya
menggunakan satu sumber informasi yaitu individu dengan metode pelaporan diri.
Meskipun kuesioner telah dirancang untuk menghindari bias kepatutan sosial,
akan lebih baik apabila penilaian dan data diambil dari dua jenis responden yaitu
pemimpin dan karyawan. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan penilaian dari
pemimpin dan karyawannya untuk menilai perilaku inovatif dan kepemimpinan
otentik. Selain itu,
penelitian ini telah memperluas penjelasan hubungan
mekanisme pengaruh kepeimpinan otentik terhadap perilaku inovatif baik secara
langsung dan tidak langsung melalui keterikatan proses kreatif. Penelitian ini juga dapat menjadi acuan
informasi bagi individu maupun organisasi mengenai bagaimana meningkatkan
perilaku inovatif dan mempertimbangkan peran kepemimpinan otentik dalam
organisasi. Penterilian ini mengonfirmasi teori pertukaran sosial dan teori
kognitif sosial untuk menguji pengaruh kepemimpinan otentik terhadap perilaku
inovatif melalui keterikatan proses kreatif dengan peran moderasi dari iklim
kreatif persepsian.
In the process of adaptation to change, organizations
are required to be able to respond uncertainty and emphasize competitive
advantage with innovative moves. Authentic leadership emerges as a leadership
style that responds to organizational dynamic changes based on ethics, morals
and builds a relationship of mutual trust. This study aims to examine the
influence of authentic leadership on innovative behavior both directly and
indirectly through the involvement of the creative process, and see the role of
perceptions of the creative climate on creativity as a moderator in this
relationship. Using a quantitative research approach with surveys, the research
respondents are employees of digital start-ups in Indonesia. The sample data
for this study were 151 respondents. The data obtained were analyzed with SPSS
macro PROCESS to test the hypothesis and assess the moderating and mediating
effects of these variables. The results of the study show that there is a
significant relationship between authentic leadership on employee innovative
behavior. In addition, mediation analysis also reveals that creative process
engagement mediates the relationship between authentic leadership and
innovative behavior. This study uses only one source of information,
individuals with self-reporting methods. Although the questionnaire was
designed to avoid social desirability bias, it would be better if the
assessment and data were taken from two types of respondents, leaders and
employees. Future research may use assessments of leaders and their employees
to assess innovative behavior and authentic leadership. In addition, this study
expands the explanation regarding the relationship between the mechanism of
influence of authentic leadership on innovative behavior both directly and indirectly
through the involvement of the creative process. This research can also be a
reference for information for individuals and organizations on how to increase
innovative behavior and consider the role of authentic leadership in
organizations. This study also confirms social exchange theory and social
cognitive theory to examine the effect of authentic leadership on innovative
behavior through engaging the creative process with the moderating role of the
perceived creative climate.
Kata Kunci : Kepemimpinan Otentik, Keterikatan Proses Kreatif, Perilaku Inovatif, Iklim Kreatif Persepsian.