Laporkan Masalah

Peran Aktivitas Pemasaran Gamifikasi terhadap Consumer Brand Engagement pada Platform e-Commerce

RISKHI PRATAMA KUSUMA ARUM JATI, Drs. Isaac Jogues Kiyok Sito Meiyanto, Ph.D., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Persaingan antar platform e-commerce menjadi semakin ketat. Consumer brand engagement merupakan aspek penting dalam membangun relasi jangka panjang antara konsumen dan merek. Gamifikasi banyak digunakan dalam aktivitas pemasaran untuk meningkatkan pengalaman pengguna platform e-commerce yang mengarahkan pada consumer brand engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran aktivitas pemasaran gamifikasi terhadap consumer brand engagement. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang berfokus pada kelompok usia 18-35 tahun dengan pengalaman menggunakan platform e-commerce dan fitur gamifikasi didalamnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas pemasaran gamifikasi berperan terhadap terbentuknya consumer brand engagement dengan kemampuan memprediksi sebesar 56.4%. Hal tersebut menunjukan bahwa aktivitas pemasaran gamifikasi dapat digunakan sebagai  strategi marketing pada platform e-commerce melalui terbentuknya consumer brand engagament.

This study aims to examine the role of gamification marketing activities on desirable consumer behaviors in e-commerce. This research consists of 2 variables which are gamification marketing activities and consumer brand engagement. The research was conducted using a quantitative approach with a focus on the 18-35 year age group who have experience using e-commerce platforms and their gamification features. The data sampling method is non-probability using purposive sampling technique with 143 respondents as sample size. There are 2 questionnaires with a Likert scale used. Data analysis using simple regression. The research results show that gamification marketing activities play a role in consumer brand engagement on e-commerce platform with predictive ability of 56.4%. This shows that the application of gamification marketing activities can be used as a marketing strategy on e-commerce platforms through consumer brand engagement.

Kata Kunci : Aktivitas pemasaran gamifikasi, Consumer brand engagement, Platform e-commerce

  1. S1-2024-445966-abstract.pdf  
  2. S1-2024-445966-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-445966-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-445966-title.pdf