Laporkan Masalah

Scoping Review Penggunaan Photovoice sebagai Metode Asesmen dan Intervensi Anak dan Remaja di Sekolah

Ardiana Meilinawati, Elga Andriana, S.Psi, M.Ed, Ph.D

2023 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Photovoice menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk merefleksikan masalah-masalah yang berdampak pada pengalaman atau kondisi individu serta diusulkan untuk dikembangkan sebagai metode asesmen dan intervensi psikologis. Keterbatasan literatur yang membahas penggunaan photovoice sebagai metode asesmen dan intervensi psikologis mengarah pada perlunya penelitian yang memetakan temuan-temuan terkait berdasarkan literatur yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi penggunaan photovoice sebagai metode asesmen dan intervensi psikologis pada anak dan remaja di sekolah. Kajian literatur secara sistematis dilakukan dengan metode scoping review sesuai protokol yang disusun berdasarkan JBI Manual for Evidence Synthesis dan diregistrasi melalui Open Science Framework (OSF). Delapan artikel dilibatkan dalam analisis data setelah melalui proses pencarian, pengumpulan, seleksi, dan ekstraksi data yang dilakukan secara independen oleh dua pengulas. Hasil menunjukkan bahwa photovoice dapat digunakan sebagai metode asesmen dan intervensi psikologis yang bersifat komplementer khususnya pada anak dan remaja di sekolah.

Photovoice is a method that can be used to reflect on problems that have an impact on individual's experience or condition. It is proposed to be developed as a psychological assessment and intervention method. The limited literature discussing the use of photovoice as a psychological assessment and intervention method leads to the need for research that maps related findings based on the available literature. This research is aimed to provide information regarding the use of photovoice as a psychological assessment and intervention method, especially for children and adolescents at school. A systematic literature review was carried out using scoping review method according to a protocol prepared based on JBI Manual for Evidence Synthesis which was registered through Open Science Framework (OSF). Eight articles were involved in data analysis after going through data search, collection, selection, and extraction process which were carried out independently by two reviewers. This study shows that photovoice can be used as a complementary psychological assessment and intervention method especially for children and adolescents at school.

Kata Kunci : Asesmen, intervensi, photovoice, sekolah, scoping review

  1. S2-2023-484255-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484255-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484255-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484255-title.pdf