Analisis Resepsi Khalayak Generasi Z terhadap Lokalitas Dalam Film Lara Ati 2022
Armina Nur Fauzan Adzima, Dr. Sugeng Bayu Wahyono
2024 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media
Studi resepsi merupakan model penelitian dalam kajian budaya dan media yang mempelajari bagaimana audiens atau penonton meresepsi, memahami dan memberi makna pada pesan yang disam[aikan oleh media, saalh satunya adalah film. Studi resepsi merupakan salah satu pendekatan yang melibatkan analisis terhadap interaksi antara karya media dengan audiens dalam konteks budaya yang spesifik dengan latar belakang sosio-kultural yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana khalayak generasi z memaknai pesan media yang terdapat pada Film Lara Ati. Aspek yang ditinjau dalam penelitian ini mengenai Lokalitas, realitas sosial dan Negosiasi dominan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan melibat enam informan, yakni generasi Z yang memiliki latar belakang sosio=kultural berbeda dan telah menonton fil Lara Ati.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemaknaan khalayak generasi z sebagai penonton terhadap suatu film dapat berbeda-beda berdasarkan latar belakang sosio-kulturalnya. encoding/decoding digunakan sebagai landasan teori. encoding merujuk pada proses produksi pesan media dan decoding adalah proses penerimaan pesan oleh khalayak dan mengintrepretasikan makna yang disampaikan oleh Bayu Skak. Kemudian, informan dikempokkan kedalam tiga posisi yang berbeda, yakni; Posisi Dominan-Hegemonik, Posisi Negosiasi dan Posisi Oposisi.
Lokalitas pada Film Lara Ati merupakan pembentukan identitas dan budaya dalam konteks sinema. Konsep lokalitas menjadi sebuah sarana untuk menggambarkan budaya dan kehidupan masyarakat. Film Lara Ati menerapkan pendekatan transkultural mengintegrasikan tradisi, bahasa dan aspek budaya jawa. Khalayak mengalami pengalaman sinematik, film Lara Ati mencerminkan realitas zaman globalisasi. Film Lara Ati adalah produk budaya popular dengan muatan kebudayaan lokal dan merepresentasikan realitas sosial generasi z.
Reception study is a research model in study culture and learning media How audience or viewer receiving, understanding and giving the meaning of the message conveyed by the media, one of them is a movie. Reception study is one involving approach analysis to interaction between media works with audience in context specific culture with background behind different socio-cultural. Research objectives This is For know How audience generation Z interpret media messages contained in the film Lara Ati. Aspects reviewed in study This about Locality, Reality Social and Negotiation dominant. Study This is Study Qualitative Descriptive and involving 6 informants, namely generation Z who have background behind socio-cultural and has Watch Lara Ati Movie.
Research results This showing that meaning audience generation Z as viewer to a movie can different based on background behind socio-cultural. Encoding/decoding is used as base theory. Encoding refers to the production process media messages and Decoding is the process of receiving messages by audiences and interpret the meaning conveyed by Bayu Check. Then, Informant grouped to in three different positions namely; Position Dominant-Hegemonic, Position Negotiations and Positions Opposition.
Locality in Lara Ati Films is formation identity and culture in context cinema. Draft locality become A means For describe culture and community life. Lara Ati Movie apply integrating transcultural approach tradition , language and aspect culture java. audience experience experience cinematic, film Lara Ati reflect the reality of the age of globalization. Lara Ati Movie is product popular culture with payload culture local and representative reality social generation Z
Kata Kunci : Resepsi, Encoding/Decoding, Lokalitas