Laporkan Masalah

Pengembangan Desain Kemasan Kipo pada UMKM "Kipo Bu Djito" Menggunakan Metode Value Engineering

Hafshoh Azkia Hayuningtyas, Ibnu Wahid Fakhrudin Aziz, S.T.P., M.T.; Dr. Agung Putra Pamungkas, S.T.P., M. Agr.

2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Kipo merupakan makanan tradisional yang berasal dari daerah Kotagede Yogyakarta dan sering diajadikan sebagai oleh-oleh. Kipo terbuat dari tepung beras dengan tambahan warna hijau yang diperoleh dari sari daun pandan atau daun suji dan diberi isian unti kelapa. Produk kipo yang ada saat ini dinilai belum memiliki kemasan yang sesuai dengan standar mutu kemasan dari segi bahan kemasan serta teknik pelabelan. Hal ini menjadikan pemasaran produk kipo kurang meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan produk kipo sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

Pengembangan desain kemasan dilakukan menggunakan metode value engineering. Metode value engineering terdiri dari 5 tahap, diantaranya yaitu tahap informasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi keinginan serta kebutuhan konsumen. Tahap kreatif bertujuan untuk menentukan konsep desain kemasan menggunakan bantuan diagram FAST serta membuat purwarupa desain kemasan. Tahap analisis bertujuan untuk menganalisis alternatif-alternatif desain kemasan yang ada. Tahap pengembangan bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan dari alternatif terpilih Tahap rekomendasi akan menghasilkan rekomendasi dari alternatif terpilih yang telah dikembangkan.

Berdasarkan value tertinggi yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa konsep 3 adalah konsep terpilih. Konsep 3 memiliki value 2,39. Prioritas atribut mutu yang dikembangkan secara berurutan adalah bahan, kemudahan, desain grafis, bentuk, biaya, dan label. Atribut mutu kemasan yang dimiliki oleh konsep 3 diantaranya adalah jenis kemasannya menggunakan plastik polypropylene (PP), terdapat notch pada tepi kemasan, berisi 5 buah kipo dalam satu kemasan, dan memiliki bagian transparan. Desain grafis kemasan menggunakan kombinasi 3 warna dan penulisan merek dagang pada kemasan kipo menggunakan jenis huruf Britannic Bold. Biaya pembuatan kemasan adalah RP891,00 dan pada kemasan juga dicantumkan ilustrasi serta informasi produk.

Kipo is a traditional food originating from Kotagede Yogyakarta and is often used as a souvenir. Kipo is made from rice flour with the addition of green color obtained from pandan leaves or suji leaves and filled with sweet shredded coconut. Current kipo products are considered to not have packaging that complies with packaging quality standards in terms of packaging materials and labelling techniques. This makes the marketing of kipo less widespread. This research aims to develop packaging designs for kipo according to consumer desires and needs.

Packaging design development is carried out using the value engineering method. The value engineering method consists of 5 stages, including the information stage which aims to identify consumer wants and needs. The creative stage aims to determine the packaging design concept using the FAST diagram and create a packaging design prototype. The analysis stage aims to analyze existing packaging design alternatives. The development stage aims to develop packaging designs from selected alternatives. The recommendation stage will produce recommendations from the selected alternatives that have been developed.

Based on the highest value obtained, it can be concluded that concept 3 is the selected concept. Concept 3 has a value of 2,39. The priority quality attributes developed sequentially are materials, convenience, graphic design, shape, cost, and label. The packaging quality attributes in concept 3 include the type of packaging using polypropylene (PP) plastic, there is a notch on the edge of the packaging, contains 5 kipo in one packaging, and has transparent parts. The packaging graphic design uses a combination of 3 colors and the Kipo trademark uses the Britannic Bold font. The cost to make the packaging is IDR 891,00 and the packaging also includes illustrations and product information.

Kata Kunci : Desain kemasan, Kipo, Mutu Kemasan, Value Engineering / Kipo, Packaging Design, Packaging Quality, Value Engineering

  1. S1-2023-444142-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444142-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444142-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444142-title.pdf