Analisis Pengaruh Opinion Shopping dan Kualitas Audit dalam Penerbitan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Konsumen Non-Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)
Safira Ardhiana Rolanda, Heyvon Herdhayinta, S.E., M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | AKUNTANSI
Perusahaan sejak berdirinya pasti memiliki ekspetasi untuk dapat mempertahankan kelangsungan usahanya dalam jangka waktu yang tak terbatas. Dalam memenuhi ekspetasi tersebut, perusahaan harus terus meningkatkan kinerja baik dari segi finansial dan non finansial demi mencegah terjadinya kemungkinan terburuk mengalami kebangkrutan. Kenyataannya upaya tersebut akan sulit dilakukan, ada kemungkinan perusahaan menghadapi kondisi atau peristiwa yang dapat menyulitkan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maka dari itu, asumsi kelangsungan usaha menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan dalam penyusunan laporan keuangan. Untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk melanjutkan usahanya diperlukan peran auditor yang bertanggung jawab untuk memprediksi kelangsungan usaha. Auditor akan memberikan opini audit going concern jika menemukan keraguan signifikan yang mengganggu kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi perusahaan dalam menerima opini audit going concern oleh auditor. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu opinion shopping dan kualitas audit. Untuk memperjelas penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu profitabilitas dan ukuran perusahaan. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan sektor barang konsumen non-primer yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018–2021 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 90 perusahaan. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diambil dari laporan keuangan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi logistik. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 26. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas audit berpengaruh signifikan secara positif terhadap penerbitan opini audit going concern, sedangkan variabel opinion shopping tidak berpengaruh signifikan terhadap penerbitan opini audit going concern.
The company since its establishment must have expectations to be able to maintain its business continuity for an unlimited period. In meeting these expectations, companies must continue to improve performance both financially and non financially to prevent the worst possibility of bankruptcy. In fact, these efforts will be difficult to do, there is a possibility that the company will face conditions or events that may make it difficult for the company to maintain its business continuity. Therefore, the going concern assumption is an important part to consider in the preparation of financial statements. To find out the company's ability to continue its business, the role of the auditor who is responsible for predicting business continuity is needed. The auditor will provide a going concern audit opinion if he finds significant doubts that interfere with the company's survival. This research was conducted to determine the factors that influence the company's acceptance of a going concern audit opinion by the auditor. The independent variables used in this study are opinion shopping and audit quality. To clarify, this study also uses control variables, namely profitability and company size. The population of this study is non-primary consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2018–2021 with a total sample of 90 companies. The data used is secondary data taken from the company's financial statements. The research method used is logistic regression analysis. Data processing was performed with the help of the Statistical Package for Social Science (SPSS) version 26 software application. The test results showed that the audit quality variable had a significant positive effect on the issuance of going-concern audit opinions, while the opinion shopping variable had no significant effect on the issuance of going-concern audit opinions.
Kata Kunci : opini audit, kelangsungan usaha, opini audit going concern, kualitas audit, opinion shopping