Laporkan Masalah

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Learning Agility Peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

Alfi Ainurrahma Arif, Dr. Noor Siti Rahmani, M.Sc., Psikolog

2023 | Skripsi | PSIKOLOGI

Learning agility adalah prediktor yang valid dan reliabel untuk menentukan high potential leaders. Individu dengan learning agility tinggi akan mudah untuk beradaptasi dan mempelajari hal baru. Adapun hal yang memengaruhi learning agility adalah ketersediaan role model yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala learning agility dan Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) melalui google form dengan metode analisis regresi linear sederhana dan korelasi Pearson product-moment. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional mentor terhadap tingkat learning agility 227  peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mentor berpengaruh sebesar 23,6% terhadap tingkat learning agility peserta.

Learning agility is a valid and reliable predictor to of high-potential leaders. Individuals with high learning agility will be easier to adapt and learn new things. As for things that affect learning agility, the availability of role model that is linked to transformational leadership style. This research used a survey method with learning agility and the Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) scale by distributing google form then analysed using linear regression and Pearson product-moment correlation. This study aims to investigate the role of mentor’s transformational leadership in the learning agility status of 227 Magang Bersertifikat Kampus Merdeka’s participants. The results of this study indicate that mentor’s transformational leadership has a positive impact on 23,6% of participants’ learning agility level.

Kata Kunci : learning agility, kepemimpinan transformasional, high potential leader/learning agility, transformational leadership, high potential leader

  1. S1-2023-445919-abstract.pdf  
  2. S1-2023-445919-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-445919-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-445919-title.pdf