Pengembangan Website Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Dengan Elemen Interaktif
Afrizal Fayiz Pradanta, Ir. Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D. ; Dr. Indriana Hidayah, S.T., M.T.
2023 | Skripsi | TEKNOLOGI INFORMASI
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan website interaktif pembelajaran
anatomi. Pembelajaran online telah mengalami pertumbuhan yang cepat berkat
perkembangan sumber daya komputasi seperti bandwidth jaringan dan penyimpanan
yang terus berkembang. Pengembangan situs web interaktif untuk pembelajaran
anatomi merupakan solusi inovatif yang berpotensi meningkatkan mutu pembelajaran
anatomi. Dengan memanfaatkan teknologi multimedia seperti gambar interaktif, video,
dan animasi, situs web pembelajaran anatomi dapat mengakomodasi pemahaman
materi yang lebih baik serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan
menghibur. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang dan mengembangkan sebuah
website interaktif pembelajaran anatomi yang efektif dan menarik bagi pengguna,
memilah dan mendesain kerangka konten pembelajaran anatomi yang interaktif dan
mudah dipahami oleh pengguna menggunakan sumber terpercaya, serta melakukan
evaluasi fungsionalitas, tingkat kebergunaan, dan pengalaman pengguna kepada calon
pengguna. Pengembangan aplikasi menggunakan metode pengembangan perangkat
lunak Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri dari 6 tahapan, yaitu
Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Aplikasi
ini memiliki tiga fitur utama, yaitu materi pembelajaran anatomi, kuis, dan analisis hasil
kuis. Fitur materi pembelajaran anatomi disajikan dengan berbagai bentuk elemen
interaktif, seperti teks, gambar, dan video. Fitur kuis menggunakan OpenAI API yang
memanfaatkan chatbot ChatGPT untuk menghasilkan soal dan jawaban dalam bentuk
json yang kemudian diolah menjadi bentuk kuis pilihan ganda dan isian singkat. Hasil
jawaban kuis dapat diakses langsung oleh pengguna setelah menyelesaikan kuis.
Setelah tahapan pengembangan website selesai, dilanjutkan dengan tahapan pengujian
aplikasi menggunakan metode Black Box Testing untuk menguji fungsionalitas
aplikasi, System Usability Testing (SUS) untuk menguji tingkat kebergunaan aplikasi,
dan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menguji pengalaman pengguna.
Hasil yang didapatkan dari pengujian ini, aplikasi dapat menjalankan semua fiturnya
dengan baik terlihat pada hasil pengujian black box testing. Aplikasi ini juga layak
secara kebergunaan dan dapat diterima dengan baik berdasarkan hasil pengujian SUS
yang mendapatkan skor “Excellent”, serta sangat baik dari berbagai aspek pengalaman
pengguna berdasarkan hasil pengujian UEQ yang mendapatkan skor “Excellent” pada
semua aspek pengalaman pengguna.
This thesis discusses the development of an interactive anatomy learning
website. Online learning has experienced rapid growth thanks to advancements in
computing resources such as network bandwidth and evolving storage capabilities. The
development of an interactive website for anatomy learning is an innovative solution
that has the potential to enhance the quality of anatomy education. By leveraging
multimedia technologies such as interactive images, videos, and animations, an
anatomy learning website can accommodate better comprehension of the material and
provide a more interactive and engaging learning experience. The objective of this final
project is to design and develop an effective and engaging interactive anatomy learning
website for users. This involves curating and designing interactive and user-friendly
anatomy learning content using reliable sources, as well as evaluating the
functionality, usability, and user experience for prospective users. The development of
the application follows the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) software
development method, which comprises six stages: Concept, Design, Material
Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. The application features three main
components: anatomy learning materials, quizzes, and quiz result analysis. Anatomy
learning materials are presented in various interactive formats, including text, images,
and videos. The quiz feature utilizes the OpenAI API, which leverages the ChatGPT
chatbot to generate questions and answers in JSON format, which are then processed
into multiple-choice and short-answer quizzes. Quiz answers can be accessed directly
by users after completing the quiz. Following the development stages of the website,
the application undergoes testing using the Black Box Testing method to assess its
functionality, System Usability Testing (SUS) to evaluate its usability, and User
Experience Questionnaire (UEQ) to assess the user experience. The results of these
tests indicate that the application performs all of its functions effectively, as evidenced
by the black box testing results. The application is also deemed highly usable, receiving
an "Excellent" score based on the SUS testing results, and it delivers an excellent user
experience across various aspects, as indicated by the UEQ testing results, which
received an "Excellent" score in all user experience aspects.
Kata Kunci : Website Interaktif, Pembelajaran Anatomi, OpenAI, ChatGPT