Laporkan Masalah

Perencanaan Koridor Jalan Selokan Mataram dengan Konsep Commercial Street dan Ecological Riverside

Muhammad Fathoni, Prof. Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP., M.Sc., Ph.D.

2023 | Skripsi | PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Selokan Mataram merupakan aliran sungai kecil yang menghubungkan kali Progo dan Sungai Opak sebagai sarana irigasi area persawahan. Namun, dalam dua dekade terakhir terjadi perkembangan guna lahan di sekitar aliran Selokan Mataram yang tidak sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan di sekitarnya. Hal tersebut menimbulkan berbagai permasalahan baru seperti ruang perkotaan yang semakin terbatas, kelestarian lingkungan yang semakin menurun, dan minim aktivitas kegiatan luar ruangan. Oleh karena itu diperlukan adanya perencanaan kawasan untuk mengembalikan dan menjaga eksistensi Selokan Mataram yang saat ini berstatus sebagai cagar budaya. 

Soft System Methodology (SSM) menjadi metode perencanaan yang dipilih dengan kombinasi dua konsep perencanaan yaitu commercial street dan ecological riverside untuk menghasilkan perencanaan koridor jalan yang ideal melalui pengembangan alternatif dan desain yang dijabarkan secara detail ke dalam rencana detail kawasan dan masterplan.

Selokan Mataram is a small river that connects the Progo and Opak Rivers as a means of irrigating rice fields. However, in the last two decades there has been land use development around the Selokan Mataram that is not in accordance with the carrying capacity and capacity of the surrounding environment. This has led to various new problems such as increasingly limited urban space, declining environmental sustainability, and minimal outdoor activities. Therefore, area planning is needed to restore and maintain the existence of Mataram Sewer, which currently has the status of cultural heritage.

Soft System Methodology (SSM) is the chosen planning method with a combination of two planning concepts, namely commercial street and ecological riverside, to produce an ideal street corridor planning through alternative development and design that is elaborated in detail into detailed area plans and masterplan.

Kata Kunci : Selokan Mataram, Koridor Jalan, Lingkungan, Permukiman, Komersial, Commercial Street, Ecological Riverside, Masterplan.

  1. S1-2023-446442-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446442-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446442-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446442-title.pdf