Abjeksi Terhadap Identitas Queer dalam Novel Konbini Ningen karya Sayaka Murata
Selvi Triana Lestari, Prof. Dr. Wening Udasmoro, M.Hum., DEA.
2023 | Tesis | S2 Sastra
Novel Konbini Ningen karya Sayaka Murata membicarakan persoalan identitas queer yang ditolak dalam tatanan simbolik masyarakat Jepang. Identitas tokoh Furukura Keiko yang terdeteksi sebagai aseksual mengalami banyak penolakan, sehingga ia tidak dapat mendefinisikan dirinya sebagai subjek yang utuh. Namun, penolakan-penolakan yang dialami oleh Furukura Keiko memiliki celah untuk melawan yaitu, memaknai ulang identitasnya sebagai subjek yang terus berproses.
Penelitian ini menggunakan teori abjeksi dari Julia Kristeva untuk memahami posisi identitas queer khususnya kategori aseksual dalam realita masyarakat Jepang secara kontekstual, serta menjelaskan proses penolakan dan respons identitas queer dalam tatanan simbolik novel. Sejalan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk: mengungkap posisi queer khususnya aseksual dalam konteks realita masyarakat Jepang, dan membongkar proses penolakan atau abjeksi serta respons identitas queer dalam tatanan simbolik novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan posisi identitas queer khususnya aseksual masih dilihat sebagai identitas yang eksklusif dikarenakan nilai-nilai heteronormativitas yang telah dibentuk melalui slogan “good wife, wise mother” sejak periode Meiji. Adanya keterikatan yang terjadi antara penulis novel Sayaka Murata dengan tokoh Furukura Keiko sebagai abjek, sehingga membentuk novel Konbini Ningen sebagai wadah katarsis. Furukura Keiko sebagai abjek merespons kondisinya yang terabjeksi dengan pemaknaan ulang dirinya sebagai “pegawai toko/minimarket”, kemudian pemaknaan ulang tersebut memicunya untuk berhubungan asmara palsu dengan tokoh laki-laki bernama Shiraha, Furukura Keiko mengalami melankolia atas kehilangan dunia minimarket, dan terakhir pemberian makna ulang tak terhingga pada identitasnya sebagai “binatang minimarket”.
The novel Konbini Ningen by
Sayaka Murata talked about the issues of queer identity which is rejected in
the symbolic order of Japanese society. Furukura Keiko’s character which is an
asexual tends to receive many rejections, so she couldn’t define herself as a
unitary subject. However, these rejections experienced by Furukura Keiko have
led her to resist, especially redefined her identity as a subject in process.
This research uses Julia
Kristeva’s theory of abjection to understand the position of queer identity,
especially asexual in Japanese society contextually, to explain the process of
abjection and response of queer identity in the symbolic order of the novel. In
line with that, this research aims to: reveal queer identity especially asexual
in the context reality of Japanese society, to reveal the process of abjection
and response of queer identity in the symbolic order of the novel. The method
used is descriptive-qualitative.
The results show that the
position of queer identity especially asexual still be seen as exclusive
because of the heteronormativity values which is formed through the slogan
“good wife, wise mother” since the Meiji period. There is an attachment between
Sayaka Murata and Furukura Keiko as an abject that formed Konbini Ningen's
novel as a vessel of catharsis. Furukura Keiko as an abject responds to her
abjected conditions by redefining herself as a “shop/convenience store
employee”, afterwards this redefinition triggers her to have a fake romantic
relationship with a male character named Shiraha, Furukura Keiko experiences
melancholia over the loss of the convenience store’s world, and lastly she
creates the infinite redefinition of her identity as “convenience store
animal”.
Kata Kunci : abjeksi, queer, Julia Kristeva, Sayaka Murata, Konbini Ningen