Strategi Pengembangan Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi
Adhitya Alfath Alfadholi, Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si.
2023 | Tugas Akhir | D4 PENGELOLAAN HUTAN
Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar merupakan wisata yang
dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi. Pada bulan Maret 2020 sampai
bulan November 2021, Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar ditutup karena adanya
pandemi covid-19. Penutupan ini berdampak pada penurunan kualitas sarana
dan prasarana serta pelayanan Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar. Hal ini dapat
berpengaruh pada perubahan tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Alam Tlogo
Muncar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan dan
menyusun strategi pengembangan Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar pasca pandemic
covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan survey terhadap wisatawan yang
berkunjung dengan menggunakan kuesioner dan melakukan wawancara terhadap stakeholders
serta observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling yaitu siapapun wisatawan yang kebetulan bertemu
dengan peneliti akan dijadikan reponden. Jumlah responden dalam penelitian adalah
100 orang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2023. Analisis data
menggunakan Customer
Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui indeks kepuasan wisatawan dan
analisis Importance Performance Analysis (IPA)
untuk menentukan strategi pengelolaan Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar. Hasil
penelitian menunjukkan tingkat kepuasan wisatawan adalah 74,98% artinya nilai tersebut
termasuk ke dalam kategori puas. Untuk rata-rata tingkat kesesuaian sebesar
93,67 % artinya nilai tersebut termasuk dalam kriteria pengujian tingkat
kesesuaian belum memuaskan. Untuk penyusunan strategi pengembangan berdasarkan
analisis IPA dirumuskan strategi pengembangan yaitu melakukan perbaikan
terhadap sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan, melakukan perawatan
rutin terhadap sarana dan prasarana dan meningkatkan promosi misalnya melalui
media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok agar lebih menjangkau ke
masyarakat luas serta mengadakan pelatihan rutin kepada petugas terkait
kepariwisataan.
Tlogo Muncar Natural Tourism is managed by the Gunung
Merapi National Park. Since March 2020 to November 2021, the Tlogo Muncar Natural
Tourism was closed due to the covid-19 pandemic. It has an impact on reducing
the quality of facilities and infrastructure as well as services for the Tlogo
Muncar Natural Tourism. This can influence the level of satisfaction of
tourists visiting the Tlogo Muncar Natural Tourism. Objectives of the study is to
identify tle level of tourist satisfaction and to develop the Tlogo Muncar
Nature Tourism strategies after the Covid-19 Pandemic. This research was
conducted by survey using a questionnaire and indepth interviews with stakeholders
and observations. The sampling technique used is accidental sampling. The total
number of respondents was 100 people. Data collection was carried out in June
2023. Data analysis used the Customer Satisfaction Index (CSI) to determine the
tourist satisfaction index and Importance Performance Analysis (IPA) analysis
to determine the strategy for the Tlogo Muncar Nature Tourism. The results
showed that the level of tourist satisfaction was 74.98%, meaning that this
value was included in the satisfied category. For an average conformity level
of 93.67%, it means that the value is included in the conformity level test
criteria that are not satisfactory. Based on IPA analysis, the development
strategy are repairs the damaged facilities and infrastructure, carrying out
routine maintenance of facilities and infrastructure and increasing promotions,
for example through social media such as Instagram, Facebook and TikTok so that
they reach out more to the wider community and hold regular training for
officers related to tourism.
Kata Kunci : Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja Pelanggan, Indeks Kepuasan Wisatawan, Pandemi Covid-19, Wisatawan