ANALISIS EKONOMI DAN KEBERAGAMAN ETNIS INDONESIA TERHADAP PENGELUARAN PENDIDIKAN ANAK
Herlin Astuti, Heni Wahyuni, M.Ec.Dev., Ph.D. dan Evita Hanie Pangaribowo, Dr., S.E., M.IDEC
2023 | Tesis | S2 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Kemampuan ekonomi rumah tangga menentukan besaran alokasi pendidikan. Kesenjangan pendapatan dari kelompok etnis tertentu memiliki pandangan tertentu pula dalam memutuskan besaran alokasi sumber daya rumah tangga. Sementara itu, keragaman etnis dalam suatu daerah telah menjadi preferensi baru dalam pengalokasian investasi pendidikan. Penelitian ini berfokus terutama pada analisis keberagaman etnis wilayah dalam mengambil keputusan rumah tangga. Studi ini menganalisis data Indonesia Family Life Survey (IFLS) pada tahun 2013-2014. Data IFLS memberikan informasi berupa jumlah etnis Indonesia, pendapatan rumah tangga dan pengeluaran pendidikan. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) untuk menjelaskan implikasi dari kemampuan ekonomi rumah tangga terhadap besaran alokasi pengeluaran pendidikan. Hasil penelitian terhadap 2.053 sampel rumah tangga dengan pembagian etnis tertentu menunjukkan bahwa (1) rumah tangga di wilayah etnis heterogen lebih memanfaatkan kenaikan pendapatan jangka pendek untuk alokasi pendidikan dibandingkan wilayah etnis homogeny, (2) kepemilikan aset besar pada rumah tangga wilayah heterogen cenderung digunakan untuk investasi di luar pendidikan, (3) perbedaan alokasi pendidikan dari kelompok etnis heterogen dan homogen terdapat pada besaran pendapatan rumah tangga.
Kata kunci : pendapatan, keberagaman etnis,
IFLS, biaya pendidikan, pengeluaran pendidikan.
Education costs are one of the largest expenses in
households in Indonesia. This is influenced by income disparities within ethnic
groups in society. This research focuses primarily on analyzing regional ethnic
diversity in household decision-making. The study analyzes data from the
Indonesia Family Life Survey (IFLS) in 2013-2014. IFLS data provide information on the number of
Indonesian ethnicities, household income and education expenditure. The data
that has been collected is then processed using the Ordinary Least Square (OLS)
method to explain the implications of household economic capacity for the
amount of education expenditure allocation. The results of research on 2,053
samples of households with certain ethnic divisions show that (1) households in
ethnically heterogeneous areas make more use of short-term income increases for
education allocation compared to ethnically homogeneous areas, (2) ownership of
large assets in households in heterogeneous areas tends to be used for
investment outside education, (3) differences in education allocation between
heterogeneous and homogeneous ethnic groups are found in the size of household
income.
Keywords: income, ethnic diversity, IFLS, education costs, education expenditure.
Kata Kunci : pendapatan, keberagaman etnis, IFLS, biaya pendidikan, pengeluaran pendidikan