Gambaran Derajat Keterikatan SDM Terhadap Kepuasan Pekerja Di Unit Onsite Rumah Sakit Pertamina Cirebon
Iman Saeful, Drs. Sito Meiyanto Ph.D. dan dr. Haryo Bismantara, MPH.
2023 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
Latar belakang: Manusia menjadi asset yang unik, karena merupakan satu-satunya asset yang bernyawa sehingga diperlukan treatment khusus untuk menjaga loyalitasnya kepada perusahaan. Employee Engagement (derajat keterikatan SDM) merupakan salah satu cara untuk membuat karyawan memiliki loyalitas yang tinggi, Beberapa hal berpotensi mempengaruhi kepuasan pekerja terhadap layanan yang diberikan Rumah Sakit Pertamina Cirebon kepada pekerja
Tujuan: Mengetahui hubungan derajat keterikatan SDM terhadap kepuasan pekerja di Unit Onsite Rumah Sakit Pertamina Cirebon, Mengetahui gambaran lebih mendalam derajat keterikatan SDM di Unit Onsite Rumah Sakit Pertamina Cirebon dengan skor terendah dan Mengetahui gambaran lebih mendalam kepuasan pekerja di Unit Onsite Rumah Sakit Pertamina Cirebon dengan skor terendah.
Metode: Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods, dengan jumlah sampel penelitian kuantitatif 399 partisipan dan 7 partisipan untuk penelitian kualitatif
Hasil: Terdapat hubungan derajat keterikatan SDM terhadap kepuasan pekerja di Unit Onsite Rumah Sakit Pertamina Cirebon dengan nilai P-Value 0,002. Derajat keterikatan SDM dengan nilai indikator terendah adalah managemen dan dukungan serta pertumbuhan. Kepuasan pekerja dengan nilai indikator terendah adalah rekan kerja dan promosi. kebijakan promosi di sebagian tempat masih belum sesuai, promosi sebagian besar dilakukan secara obyektif sebagian kecil dilakukan secara subyektif,
Kesimpulan dan saran: Meningkatkan keterlibatan team Onsite Rumah Sakit Pertamina Cirebon dalam program Occupational Health and Industrial Hygiene (OHIH) selain dapat meningkatkan target pencapaian diharapkan juga dapat meningkatkan derajat keterikatan SDM dengan harapan dapat meningkatkan produktifitas kerja dan kualitas kerja.
Background: Humans are a unique asset, because they are the only living assets, so special treatment is needed to maintain their loyalty to the company. Employee Engagement is one way to make employees have high loyalty. Several things have the potential to affect worker satisfaction with the services provided by Pertamina Cirebon Hospital to workers.
Method: The type of research that will be used in this study is Mixed Methods, with a total sample of 399 quantitative research participants and 7 participants for qualitative research.
Objectives: Knowing the relationship between the degree of HR engagement and worker satisfaction at the Pertamina Cirebon Hospital Onsite Unit, Knowing a more in-depth description of the HR engagement degree at the Pertamina Cirebon Hospital Onsite Unit with the lowest score and Knowing a more in-depth description of worker satisfaction at the Pertamina Cirebon Hospital Onsite Unit with the lowest score.
Result: There is a relationship between the degree of HR engagement and worker satisfaction at the Onsite Unit of the Pertamina Cirebon Hospital with a P-Value of 0.002. The degree of HR engagement with the lowest indicator value is management and support as well as growth. Employee satisfaction with the lowest indicator scores is co-workers and promotions. promotion policies in some places are still not appropriate, most promotions are carried out objectively, some are carried out subjectively.
Conclusion and recommendation: Increasing the involvement of the Pertamina Cirebon Hospital Onsite team in the Occupational Health and Industrial Hygiene (OHIH) program, in addition to increasing target achievement, it is hoped that it can also increase the degree of HR engagement with the hope of increasing work productivity and work quality.
Kata Kunci : derajat keterikatan, kepuasan pekerja, Gallup Q12