Laporkan Masalah

Pencapaian Dimensi Smart Living di Jalur Pedestrian Kawasan Malioboro Kota Yogyakarta

Anja Natalia Harianto, Prof. Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T. dan Rizki Adriadi Ghiffari, S.T.,M.Sc.

2023 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Kawasan Malioboro sebagai salah satu destinasi wisata unggulan berbasis budaya yang khas dengan koridor pedestriannya memiliki   permasalahan yang kompleks. Smart living menjadi jawaban dalam menjaga ekosistem lingkungan di kawasan Malioboro. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pencapaian dimensi smart living di koridor pedestrian kawasan Malioboro dengan menganalisis kondisi koridor pedestrian dari elemen harmony, health, dan mobility serta bagaimana upaya pengelolaan dan sinergi pemangku kepentingan dalam berkoordinasi untuk menciptakan  Malioboro sebagai destinasi wisata unggulan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik wisatawan. 

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kawasan Malioboro didominasi oleh wisatawan dengan tujuan wisata rekreasi dengan faktor penarik berupa budaya dan alam. Setiap sarana prasarana di kawasan Malioboro telah mampu mendukung pencapaian elemen harmony, health, dan mobility namun  diperlukan upaya pemeliharaan sarana prasarana yang ada dengan bentuk kerjasama yang terintegrasi antar pemangku kepentingan dalam mengontrol dan mengawasi pengelolaan kawasan Malioboro agar pariwisata terus berlangsung secara cerdas dan berkelanjutan. 

The Malioboro area as one of the leading tourist destinations based on distinctive culture  has complex problems. Smart living is the answer in maintaining the environmental ecosystem in the Malioboro area. This study aims to identify the achievement of the smart living dimension in the pedestrian corridor of the Malioboro area by analyzing the condition of the pedestrian corridor from the elements of harmony, health, and mobility as well as how stakeholder synergy in coordinating to create Malioboro as a leading tourist destination. The results showed that the Malioboro area is dominated by tourists with recreational tourism destinations in the form of culture and nature. Every infrastructure facility in Malioboro area has been able to support the achievement of elements harmony, health, and mobility, but efforts are needed to maintain existing infrastructure facilities in the form of integrated cooperation between stakeholders in controlling and supervising the management of the Malioboro.

Kata Kunci : Malioboro, Pedestrian, Smart Living, Tourism

  1. S1-2023-441747-abstract.pdf  
  2. S1-2023-441747-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-441747-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-441747-title.pdf