Analisis Pengaruh Live Streaming Terhadap Niat Beli Konsumer di Social Commerce TikTok di Indonesia
Tota Jordan Sitanggang, Suci Paramitasari Syahlani , MM, Dr
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Rasa ketidakpastian adalah salah satu penghambat niat beli yang dirasakan
oleh Gen Z dan Millenials dalam berbelanja online apabila kekurangan informasi
yang cukup atas produk dan penjualnya. Konsumen akan merasakan ketidakpastian
atau perasaan perasaan dalam pengambilan keputusan pembelian jika kekurangan
informasi yang diperlukan atas spesifikasi produk dan penjualnya. Penggunaan fitur
live streaming menjadi salah satu strategi yang diambil untuk mengurangi
ketidakpastian tersebut. Namun, masih belum jelas bagaimana live streaming
memengaruhi niat beli konsumen (NB) di pasar pakaian online. Berdasarkan teori
pensinyalan dan literatur ketidakpastian, kami mengusulkan karakteristik fisik
broadcaster (penyiar) yang disampaikan melalui uji coba produk perwakilan dan nilai
yang dibagikan melalui interaksi instan sebagai dua sinyal yang dapat membantu
mengurangi ketidakpastian produk dan menumbuhkan kepercayaan bagi konsumen
dengan sifat dan nilai fisik yang serupa. Analisis data survei dan wawancara sebagian
besar mendukung hipotesis. Penelitian ini berkontribusi pada literatur live streaming
commerce, literatur ketidakpastian, dan teori signaling.
A sense of uncertainty is one of the barriers to purchase intention felt by Gen
Z and Millennials when shopping online when they lack sufficient information about
the product and the seller. Consumers will feel uncertainty or feelings in making
purchasing decisions if they lack the necessary information on product specifications
and sellers. The use of the live streaming feature is one of the strategies taken to
reduce this uncertainty. However, it remains unclear how live streaming affects
consumer purchase intention (PI) in the online clothing market. Based on signaling
theory and uncertainty literature, we propose the physical characteristics of
broadcasters (broadcasters) conveyed through trials of representative products and
the value shared through instant interactions as two signals that can help reduce
product uncertainty and foster trust for consumers with similar physical properties
and values. . Analysis of survey and interview data largely supports the hypothesis.
This research contributes to the live streaming commerce literature, the uncertainty
literature, and signaling theory
Kata Kunci : Teori Sinyal, Ketidakpastian, Kepercayaan, Niat Beli