POLA KONSUMSI PRODUK PERIKANAN PADA RUMAH TANGGA DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG
Indah Pranata Ningrum, Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec; Prof. Dr. Jamhari, SP, MP
2023 | Tesis | S2 Magister Manj.Agribisnis
Konsumsi produk perikanan di Lampung Selatan masih sangat rendah, pola konsumsi
pangan di Lampung Selatan masih di dominasi oleh padi-padian, yang menyebabkan
kurang maksimalnya penilaian pada pilar Indeks Pemanfaatan pangan. Tujuan
penelitian ini untuk (1) Mengetahui pola konsumsi produk perikanan dan pengaruh
faktor ekonomi dan faktor sosio-demografi terhadap permintaan produk perikanan; (2)
Melihat respons rumah tangga terhadap permintaan produk perikanan apabila terjadi
perubahan pendapatan dan perubahan harga. Penelitian ini menggunakan data
SUSENAS bulan Maret 2021. Model permintaan Ikan dianalisis dengan
menggunakan pendekatan model Quadratik Almost Ideal Demand System. Hasil
analisis menunjukkan kelompok ikan segar memiliki partisipasi konsumsi terbanyak
dan partisipasi konsumsi Ikan paling submisif adalah Udang Awetan yaitu sebesar satu
persen baik di tipe daerah perkotaan maupun dipedesaan. Namun, untuk tingkat
konsumsi ikan paling besar adalah kelompok udang segar dengan tingkat konsumsi
rata-rata sebesar 0.12 kg/kapita/minggu. Berkaitan dengan partisipasi dan tingkat
konsumsi ikan, share pengeluaran untuk ikan di masing-masing rumah tangga masih
didominasi oleh ikan segar sebesar 58 persen. Faktor ekonomi dan sosiodemografi
yang mempengaruhi permintaan ikan rumah tangga di Lampung selatan antar lain:
Faktor sendiri masing-masing kelompok ikan menurunkan peluang permintaan ikan.
Faktor pendapatan rumah tangga meningkatkan peluang permintaan ikan. Pada jenis
kelompok udan segar, faktor umur dan ukuran rumah tangga menurunkan peluang
permintaan kelompok tersebut. Pada kelompok Ikan awetan faktor tipe daerah tempat
tinggal dan umur kepala keluarga meningkatlkan peluang permintaan kelompok
tersebut. Namun pada kelompok udang awetan, faktor tipe daerah tempat tinggal
menurunkan peluang permintaan ikan. Sementar itu, Elastisitas harga sendiri
berpeluang menurunkan permintaan terhadap masing-masing kelompok ikan itu
sendiri. Berdasarkan elastisitas pendapatan yang masuk category barang mewah
adalah ikan segar, udang segar, dan udang awetan, semnetara itu ikan awetan masuk
barang normal. Berdasarkan elastisitas harga silang semua kelompok ikan memiliki
hubungan substitusi satu sama lain kecuali udang segar dan udang awetan yang
memiliki hubungan komplementer.
Consumption of fishery products in South Lampung is still very low, and food
consumption patterns in South Lampung are still dominated by grains, which causes a
less than optimal assessment of the Food Utilization Index pillar. The aims of this study
were to (1) determine the consumption patterns of fishery products and the influence
of economic and socio-demographic factors on the demand for fishery products; and
(2) look at the household response to the demand for fishery products when there is a
change in income and a change in price. This study uses SUSENAS data for March
2021. The fish demand model is analyzed using the Quadratic Almost Ideal Demand
System model approach. The results of the analysis show that the fresh fish group has
the highest consumption participation, and the most submissive fish consumption
participation is Preserved Shrimp, which is equal to one percent in both urban and rural
areas. However, the highest level of fish consumption was in the fresh shrimp group,
with an average consumption rate of 0.12 kg per capita per week. With regard to
participation and fish consumption levels, the share of spending on fish in each
household is still dominated by fresh fish at 58 percent. Economic and
sociodemographic factors that influence household fish demand in South Lampung
include: The individual factors of each fish group reduce the chances of fish demand.
Household income factors increase the chances of a demand for fish. In the fresh
shrimp group, age and household size factors reduce the demand for this group. In the
preserved fish group, the factors of the type of residence and the age of the head of
the family increase the demand for this group. However, in the preserved shrimp group,
the location type factor reduced the chance of fish demand. Meanwhile, price elasticity
itself has the opportunity to reduce the demand for each group of fish. Based on income
elasticity, fresh fish, fresh shrimp, and preserved shrimp are included in the category of
luxury goods, while preserved fish are considered normal goods. Based on the crossprice elasticity, all fish groups have a substitution relationship with each other except
for fresh shrimp and preserved shrimp, which have a complementary relationship.
Kata Kunci : permintaan Ikan, QUAIDS, elastisitas