ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN MELALUI STRATEGI PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE PADA PRODUK OLI SHELL DI AREA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
UTHAN GANDHAKA, 1. Bapak Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Perkembangan
dunia teknologi memberikan dampak positif dalam dunia bisnis, hal dimulainya
dengan perubahan perilaku konsumen yang lebih memahami dunia digital dan
terjadi transformasi bisnis dimana bisnis dapat dilakukan kapanpun, dimana pun
dan oleh siapa pun. Tidak hanya tantangan perubahan perilaku konsumen, pada
masa periode 2013-2016 X memiliki tantangan penjualan yang menurun akibat oli
palsu yang berdampak pada penurunan penjualan. Untuk menjawab tantangan ini dan
bisa kembali meningkatkan penjualan serta dipercayai oleh konsumennya, PT X
melakukan inovasi dengan peluncuran aplikasi online XARE (X Advantage
Reward) sebagai sarana untuk menciptakan keunggulan bersaing dan
memenangkan persaingan di pasar. Proses inovasi digital oleh PT X dilakukan
mulai awal tahun 2017 sampai dengan percobaan implementasi pada partner
distributornya di jakarta pada tahun 2018 dan pertengahan tahun 2019 di
implementasi dia area provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. PT X
merupakan bukan perusahaan pertama yang meluncurkan strategi aplikasi digital,
nilai keunikan dan manfaat yang diterima oleh konsumen merupakan keunggulan
perusahaan untuk bersaing dan dapat diterima oleh pasar.
Penulis
melakukan penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor keunggulan PT X
melalui strategi aplikasi online XARE yang diluncurkan serta
menganalisis tingkat keberterimaan aplikasi XARE oleh para pelanggannya
di area provinsi DI Yogyakarta dengan 5 kota kabupaten. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus dengan
analisis Five Force Analysis Porter, Resources Based View (RBV), PESTLE
Analysis, serta Inovasi Adopsi dan Difusi untuk mengetahui tingkat
keberterimaan atas aplikasi online XARE.
Hasil penelitian menunjukan
bahwa PT X memiliki faktor-faktor keunggulan secara internal yaitu sumberdaya
manusia yang kuat dengan persiapan yang terencana serta kebutuhan struktur
organisasi yang terpenuhi sampai dengan tingkatan rekan distributor serta
dukungan internal di aspek finansial yang kuat. Serta mempertimbangkan segala
aspek eksternal yang dapat mempengaruhi keputusannya dalam menentukan strategi
yang diambil dan dijalankan oleh perusahaan. Aplikasi digital yang diluncurkan
berdasarkan hasil penelitian dapat diterima dengan baik oleh para pelanggannya.
Konsumen secara sadar mau menerima inovasi yang ditawarkan serta
menggunakannya, tingkat keberterimaan akan aplikasi ini dapat dikatakan baik
dan berhasil. Rekomendasi berdasarkan penelitian ini diharapkan
perusahaan bisa terus meningkatkan daya saing dengan inovasi yang kontinyu
dengan memperbaharui aplikasi digitalnya secara berkala agar bisa terus
diterima dan sesuai dengan kebutuhan pasar yang dinamis.
Developments
in the world of technology have had a positive impact on the business world,
starting with changes in consumer behavior that are more understanding of the
digital world and business transformation occurs where business can be done
anytime, anywhere and by anyone. Not only the challenge of changing consumer
behavior, during the 2013-2016 period, X experienced declining sales challenges
due to counterfeit oil which resulted in a decrease in sales. To answer this
challenge and be able to increase sales again and be trusted by its customers,
PT X innovated by launching an online application XARE (X Advantage Reward) to
create competitive advantage and win the competition in the market. The digital
innovation process by PT X was carried out from early 2017 until the trial
implementation by partner distributor in Jakarta in 2018 and in mid-2019 it was
implemented in the areas of Central Java and the Special Region of Yogyakarta.
PT X is not the first company to launch a digital application strategy, the
unique value and benefits received by consumers are the company's advantages to
compete and be accepted by the market.
The
author conducted a study aimed at identifying PT X's superiority factors
through an online application strategy XARE launched and analyzed the level of
acceptance of the application XARE by its customers in the DI Yogyakarta
province area with 5 regency cities. This study uses qualitative research
methods with analysis of case studies with analysis Five Force Analysis Porter,
Resources Based View (RBV), PESTLE Analysis, as well as Adoption and Diffusion
Innovation to determine the level of acceptance of the application online XARE.
The results of the study
show that PT X has internal superiority factors, namely strong human resources with
planned preparations and organizational structure requirements that are met up
to the level of fellow distributors and strong financial support. As well as
considering all external aspects that can influence the decision in determining
the strategy taken and executed by the company. Digital applications launched
based on research results are well received by its customers. Consumers
consciously want to accept the innovations offered and use them, the level of
acceptance of this application can be said to be good and successful.
Recommendations based on this research are expected that companies can continue
to improve competitiveness with continuous innovation by updating their digital
applications regularly so that they can continue to be accepted and in
accordance with dynamic market needs.
Kata Kunci : aplikasi online, five forces analysis Porter, RBV, inovasi dan difusi, keunggulan bersaing.