Laporkan Masalah

Message Strategies and Social Media Advertising (Content Analysis on the Use of Advertising Appeal in AQUA’s Social Media Advertisements)

Amadheo Ezra Murwanto, Lidwina Mutia Sadasri, S.I.P., M.A.

2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Saat membujuk konsumen, Daya Tarik Iklan mempunyai peran yang besar untuk memberikan argumen yang valid dan efektif untuk mendukung pembelian produk. Dalam beberapa bulan terakhir, terjadi lonjakan iklan media sosial AQUA yang muncul di tiga platform media sosial terbesar (Instagram, Tik Tok, dan Youtube) yang menampilkan tamu selebriti Vincent Ryan Rompies, Deddy Mahendra Desta dan Enzy Storia antara November 2022 hingga Mei 2023. Beberapa di antaranya adalah iklan yang sama, diunggah ulang di platform lain. Penelitian ini kemudian menyelidiki bagaimana berbagai jenis daya tarik Iklan (Rasional dan Emosional) diwujudkan dalam Iklan Media Sosial AQUA 2022 (Instagram, Youtube & Tik Tok) yang menampilkan tamu selebriti Vincent Ryan Rompies, Deddy Mahendra Desta, dan Enzy Storia. Dengan Analisis Isi Kualitatif, peneliti menganalisis iklan Cuplikan Aja Teriak (2022), AQUA Dulu (2022), dan Apapun Cuacanya, AQUA Dulu (2022) untuk mencari objek dan tanda pesan yang termasuk dalam kategori berbeda, terkandung dalam setiap frame dari konten. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga iklan tersebut mengandalkan Daya Tarik Emosional dan juga Celebrity Endorsement, dan bukan Daya Tarik Rasional.

In the persuasion of consumers, Advertising Appeals have a big role to provide valid and effective reasoning to support the purchase of the products. In recent months, there has been a surge of AQUA social media advertisements appearing in three major social media platforms (Instagram, Tik Tok, and Youtube) which features celebrity guests Vincent Ryan Rompies, Deddy Mahendra Desta and Enzy Storia between the period of November 2022 up to May 2023. Some of which are the same exact advertisement, repeated in another platform. This research then investigates how different types of Advertising appeals (Rational and Emotional) are manifested in AQUA’s 2022 Social Media Advertisements (Instagram, Youtube & Tik Tok) featuring celebrity guests Vincent Ryan Rompies, Deddy Mahendra Desta and Enzy Storia. With Qualitative Content Analysis, the researcher analyzed advertisements Cuplikan Aja Teriak (2022), AQUA Dulu (2022), and Apapun Cuacanya, AQUA Dulu (2022) to seek objects and signs of messages belonging to the different categories contained in every frame of each content. The results show that all three advertisements rely on emotional appeals as well as Celebrity Endorsement instead of rational appeals.

Kata Kunci : Message Strategies, Social Media Advertising, Advertising Appeal, Celebrity Endorsements

  1. S1-2023-444341-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444341-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444341-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444341-title.pdf