Laporkan Masalah

PREFERENSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JERUK LOKAL DI KOTA MALANG

Salsyadilla Kusumasari, Ir. Any Suryantini, M.M., Ph.D;Dr. Hani Perwitasari, S.P., M.Sc.

2023 | Tesis | S2 Magister Manj.Agribisnis

?            Kota malang merupakan salah satu penghasil buah jeruk, jeruk yang di budidayakan di Kota Malang yaitu buah jeruk siam Malang. Peralihan preferensi dan sikap konsumen memberikan peluang besar bagi produsen dan pemasar untuk dapat memasarkan produk lokal yang dapat diterima konsumen terutama jeruk lokal yang dibudidayakan dan di jual di Kota Malang yaitu jeruk siam Malang dan jeruk siam Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah. 1) mengetahui sikap konsumen terhadap berbagai atribut buah jeruk lokal di Kota Malang. 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap atribut buah jeruk lokal di Kota Malang. 3)mengetahui atribut-atribut yang menjadi preferensi konsumen dalam keputusan pembelian buah jeruk lokal di Kota Malang. Lokasi penelitian adalah Kota Malang,

pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis multiatribut Fishbein, Uji Paired Sample ttest, analisis regresi linier berganda dan analisis konjoin. Hasil penelitian Secara keseluruhan atribut-atribut jeruk siam Malang memiliki sikap positif pada atribut rasa, warna, harga dan kandungan air sedangkan jeruk siam Jember memiliki sikap positif pada atribut rasa, harga, kandungan air, warna dan ukuran. Terkait faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap atribut jeruk siam Malang dan jeruk siam Jember di Kota Malang yaitu faktor pendapatan dan jenis kelamin berpengaruh secara positif terhadap sikap konsumen jeruk siam Malang dan jeruk siam Jember. Kombinasi atribut jeruk siam Malang yang penting bagi konsumen dalam keputusan

pembelian yaitu secara berurutan yaitu atribut rasa manis, harga antara Rp20.000-Rp25.000, kandungan air banyak, berukuran sedang, warna jeruk kuning dan kandungan biji yang banyak. Pada jeruk siam Jember urutan kombinasi atribut yang paling penting secara berurutan adalah atribut kandungan air banyak, rasa manis, berukuran sedang, rentang harga Rp13.000-Rp17.000, warna jeruk hijau dan kandungan biji yang sedikit. Tingkat kepentingan konsumen jeruk siam Malang dan siam Jember tidak berbeda nyata pada atribut rasa, harga dan kandungan air. Pada tingkat kepercayaan konsumen jeruk siam Malang dan siam Jember atribut rasa, warna, ukuran, kandungan air dan kandungan biji tidak berbeda nyata sedangkan

sikap konsumen jeruk siam Malang dan siam Jember jika di hadapkan pada atribut rasa, warna, ukuran dan kandungan air tidak berbeda nyata dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen terutama sikap konsumen jeruk siam Malang dan siam Jember.

 

?            Malang City is one of the producers of citrus fruits and oranges cultivated in Malang City, namely Malang Siamese oranges. The shift in consumer preferences and attitudes provides a great opportunity for producers and marketers to market local products that are acceptable to consumers, especially local oranges cultivated and sold in Malang City, namely Malang Siam oranges and Jember Siam oranges. The aim of this research is. 1) knowing consumer attitudes towards various attributes of local citrus fruits in Malang City. 2) knowing the factors influencing consumer attitudes towards local citrus fruit attributes in Malang City. 3) knowing the attributes that become consumer preferences in purchasing decisions for local citrus fruits in Malang City. The research location is Malang City; data collection is done directly with 100 respondents. The analytical method used is Fishbein multi-attribute analysis, Paired Sample t-test, multiple linear regression, and conjoint analysis. Results of the study Overall, the attributes of the Malang Siamese orange have a positive attitude on the attributes of taste, color, price, and water content. In contrast, the Jember Siamese orange has a positive attitude toward taste, price, water content, color, and size. Regarding the factors that influence consumer attitudes towards the attributes of Malang Siamese oranges and Jember oranges in Malang City, namely, income and gender factors positively affect consumer attitudes toward Malang Siamese oranges and Jember Siamese oranges. The combination of Siamese orange attributes that are important to consumers in purchasing decisions is sequentially the attributes of sweet taste, price between IDR 20,000-IDR 25,000, lots of water content, medium size, yellow, orange color, and lots of seed content. In Jember Siamese oranges, the most important attribute combinations are high water content, sweet taste, medium size, and price range of Rp. 13,000-Rp. 17,000, green, orange color, and little seed content. The level of consumer interest in Siamese oranges in Malang and Siam Jember is similar in taste, price, and water content. At the level of consumer confidence in Siamese oranges in Malang and Siam Jember, the attributes of taste, color, size, water content, and seed content are similar. In contrast, the attitudes of consumers of Siamese oranges in Malang and Siam Jember when faced with the attributes of taste, color, size, and water content are similar, in making consumer purchasing decisions, especially the attitude of consumers of Siamese oranges in Malang and Siam Jember.

Kata Kunci : Jeruk, atribut produk, sikap konsumen, preferensi, keputusan pembelian

  1. S2-2023-471458-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471458-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471458-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471458-title.pdf