Laporkan Masalah

RENCANA STRATEGIS PT MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL (MJOINT)

Intan Rizka Nurmaya, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki merupakan salah satu bidang industri non migas yang ikut mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia. Pertumbuhan ini dapat dilihat dari peningkatan nilai ekspor dan impor. PT Mandiri Jogja Internasional atau yang biasa disebut MJOINT merupakan salah satu produsen produk kulit seperti tas, alas kaki, dan aksesoris seperti dompet dan gantungan kunci yang terletak di Berbah, Yogyakarta. Produk MJOINT dipasarkan di pasar lokal dan diekspor ke Amsterdam dan Australia. Selama 26 tahun berjalan, MJOINT belum memiliki rencana strategis. Dilihat dari potensinya, diperlukan adanya rencana strategi untuk mendorong pertumbuhan perusahaan.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis pada visi, misi, dan nilai yang dianut beserta implementasinya pada praktik bisnis. Untuk mengarahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya, objektif juga disusun yang berfokus pada objektif strategis dan objektif keuangan. Analisis juga dilakukan di lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dituangkan ke dalam analisis SWOT. Kemudian, dilakukan formulasi rencana strategi yang berorientasi pada pertumbuhan. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data primer melalui wawancara dan observasi serta kajian literatur untuk mengumpulkan data sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi dan misi yang dianut belum sesuai dengan praktik bisnisnya dan belum bisa membawa perusahaan untuk mencapai tujuannya. Secara keseluruhan, perusahaan hanya dijalankan berdasarkan objektif keuangan tanpa adanya objetif strategis. Analisis lingkungan perusahaan menunjukkan adanya potensi yang dapat dipenuhi dengan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan memiliki potensi untuk melakukan pengembangan pasar yang harapannya dapat mendorong pertumbuhan perusahaan ke depannya.

The leather, leather goods, and footwear industries are one of the non-oil and gas industries that have contributed to Indonesia's economic growth. This growth can be seen from the increase in the value of exports and imports. PT Mandiri Jogja Internasional or commonly known as MJOINT is a manufacturer of leather products such as bags, footwear, and accessories such as wallets and key chains located in Berbah, Yogyakarta. MJOINT products are marketed in the local market and exported to Amsterdam and Australia. For 26 years running, MJOINT has not had a strategic plan. Judging from its potential, it is necessary to have a strategic plan to encourage the company's growth.

This research is descriptive qualitative research by analyzing the vision, mission, and adopted values and their implementation in business practices. To direct the company in achieving its goals, objectives are also prepared which focus on strategic objectives and financial objectives. Analysis is also carried out on the internal and external environment of the company which is poured into the SWOT analysis. Then, the formulation of a growth-oriented strategic plan is carried out. Analysis was carried out by collecting primary data through interviews and observations as well as literature review to collect secondary data.

The results of the study show that the vision and mission do not match with business practices and have not been able to bring the company to achieve its goals. Overall, the company is only run based on financial objectives without any strategic objectives. The company's environment analysis shows that there is potential that can be fulfilled with the strengths possessed by the company. The company has the potential to develop its

Kata Kunci : Visi dan misi, Objektif, SWOT, Rencana Strategi

  1. S2-2023-470951-abstract.pdf  
  2. S2-2023-470951-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470951-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-470951-title.pdf