Laporkan Masalah

Faktor-Faktor Pengaruh Kemacetan Di Ruas Jalan Godean (Segmen 085 : Yogyakarta-Kebonagung 1)

Kinanthi Sukmaning Sekar, Joni Purwohandoyo, S.Si., M.Sc.

2023 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Salah satu kondisi yang dapat terjadi di ruang lalu lintas adalah kemacetan lalu lintas. Kemacetan lalu lintas dalam jangka waktu yang panjang tentu menyebabkan permasalahan baru yang muncul dan terganggunya aktivitas manusia baik yang berkaitan dengan aspek fisik seperti kerusakan jalan yang semakin parah maupun non fisik. Saat ini, kemacetan lalu lintas adalah permasalahan yang dihadapi Kabupaten Sleman dan menjadi isu strategis berupa kemacetan pada jam tertentu. Salah satu lokasi kemacetan yang terjadi adalah di sepanjang Jalan Kebonagung 1 dengan nomor segmen jalan 085 atau biasa disebut dengan Jalan Godean. Jalan Godean merupakan jalan kolektor yang berlokasi di bagian barat Kabupaten Sleman untuk menghubungkan Kabupaten Sleman dengan Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulon Progo, serta Kabupaten Kulon Progo dengan Kota Yogyakarta

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi distribusi titik kemacetan di ruas jalan kolektor di Jalan Godean dan menganalisis faktor pengaruh permasalahan kemacetan di Jalan Godean. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi yang dilakukan secara daring yaitu menggunakan Google Maps dan secara langsung di lapangan. Selain itu terdapat penggunaan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait.

Hasil penelitian ditunjukkan bahwa terdapat 18 titik kemacetan dari arah Yogyakarta ke Kebonagung 1 dan 14 titik kemacetan yang bursal dari arah Kebonagung 1 ke Yogyakarta. Berdasarkan hasil observasi lapangan peroleh 13 titik lokasi kemacetan baik dari arah Yogyakarta ke Kebonagung 1 maupun sebaliknya. Secara garis besar dan hasil observasi lapangan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kemacetan di Jalan Godean, antara lain adalah adanya aktivitas komersial dan persimpangan jalan yang tidak menggunakan lampu lalu lintas.

One of the conditions that can occur in the traffic space is traffic jams. Traffic congestion in the long term certainly causes new problems to arise and disrupts human activities both related to physical aspects such as road damage that is getting worse and non-physical. Currently, traffic congestion is a problem faced by Sleman Regency which is a strategic issue in the form of congestion at certain hours. One of the locations for congestion that occurs is along Jalan Kebonagung 1 with the road segment number 085 or commonly known as Jalan Godean. Godean Road is a collector road located in the western part of Sleman Regency to connect Sleman Regency with Yogyakarta City, Sleman Regency with Kulon Progo Regency, and Kulon Progo Regency with Yogyakarta City.

The purpose of this study is to identify the distribution of congestion points on collector roads on Godean Street and to analyze the factors that influence congestion problems on Godean Street. The data used in this study are the results of observations made online using Google Maps and directly in the field. In addition, there is the use of secondary data obtained from related agencies.

The results showed that there were 18 congestion points from Yogyakarta to Kebonagung 1 and 14 congestion points originating from Kebonagung 1 to Yogyakarta. Based on the results of the two field observations, 13 points of congestion were found, both from Yogyakarta to Kebonagung 1 and vice versa. Broadly speaking and field observations, several factors influence congestion in Jalan Godean, including the presence of commercial activities and crossroads that do not use traffic lights.

Kata Kunci : kemacetan, lalu lintas, kapaitas jalan

  1. S1-2023-445079-abstract.pdf  
  2. S1-2023-445079-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-445079-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-445079-title.pdf