Pengaruh Nilai-Nilai Keagamaan, Sosial, Dan Budaya Dalam Pengembangan Usaha Batik (Studi Pada Pengusaha Batik Keturunan Hadramaut)
Arinal Karima, Dr. Hempri Suyatna, S.Sos., M.Si
2023 | Tesis | S2 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN
Sebagai masyarakat pendatang dari Hadramaut, Yaman Selatan, banyak hal menarik yang dapat dilihat dan ditelusuri pada pengusaha batik keturunan Hadramaut. Beberapa dari mereka sudah mempunyai nama besar di kota Pekalongan, bahkan sudah mampu membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia. Salah seorang pengusaha batik juga mendapatkan penghargaan atas kontribusinya dalam mempekerjakan orang-orang disabilitas. Selain itu, produk batik mereka mampu menembus pasar internasional di berbagai negara. Adanya fakta-fakta tersebut tidak lepas dari nilai-nilai yang mereka anut dalam hidupnya sebagai prinsip dalam berbisnis, di antaranya adalah nilai agama, sosial, dan budaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan implikasi dari nilai-nilai keagamaan, sosial, dan budaya dalam pengembangan usaha batik keturunan Hadramaut. Penelitian ini dilakukan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya implikasi nilai-nilai keagamaan, sosial, dan budaya dalam pengembangan usaha batik, terutama dalam hal permodalan, produksi, akses pasar, kemitraan serta kreativitas. Nilai keagamaan terlihat paling menonjol pada bagian permodalan, kemitraan, dan kreativitas. Nilai sosial bisa kita temui pada bagian produksi dan kemitraan. Terakhir, nilai budaya terlihat paling menonjol pada bagian permodalan, produksi, akses pasar, dan kemitraan.
Kata Kunci : Pengusaha Keturunan Hadramaut, nilai agama, nilai sosial budaya, pengembangan usaha batik