Strategi Media Sosial Instagram pada Yayasan Nirlaba (Studi Kasus Strategi Media Sosial Instagram @rachelhouseindonesia oleh Yayasan Rumah Rachel mengenai Asuhan Paliatif pada Anak)
Grishiella Patricia Liwang, Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si.
2023 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi
Temuan data
oleh WHO pada tahun 2020 di mana jumlah kematian kanker di Indonesia mengalami
tren. Terdapat opsi perawatan bagi penyakit kanker dan penyakit serius lainnya
yaitu perawatan secara paliatif. Perawatan ini dimaksudkan untuk dapat
meningkatkan kualitas hidup pasien dan memberikan rasa nyaman. Upaya
pengkomunikasian asuhan paliatif terutma pada anak dibutuhkan khususnya yang
dilakukan oleh Yayasan Rumah Rachel. Pengkomunikasian tersebut dilakukan
melalui media sosial Instagram yakni @rachelhouseindonesia. Di tengah
keterbatasan yang dialami yakni dari segi sumber daya manusia dan finansial,
Yayasan Rumah Rachel berhasil menjalankan strategi media sosial namun
memerlukan penyempurnaan. Sehingga dalam penelitian ini rumusah masalah yang
diangkat adalah bagaimana strategi media sosial Instagram @rachelhouseindonesia
mengenai asuhan paliatif pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
tahapan strategi media Instagram mengenai asuhan paliatif pada anak. Teori
mengenai media sosial pada yayasan nirlaba, media Instagram, strategi media
sosial Instagram, dan paliatif pada anak akan digunakan pada penelitian ini.
Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian kualitiatif, dengan
metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam bersama tim
komunikasi dan event serta chief operating officer (COO) Yayasan
Rumah Rachel. Hasil penelitian menampilkan bahwa strategi yang dilakukan oleh
yayasan telah menjalankan strategi media sosial Instagram untuk menyampaikan
informasi mengenai asuhan paliatif pada anak namun masih terdapat beberapa
bagian yang dapat disempurnakan. Yayasan Rumah Rachel telah menjalankan
strategi mulai dari penentuan tujuan, SMART objectives, taktik, riset
audiens, dan penentuan bujet namun masih diperlukan penyesuaian porsi
pemanfaatan fitur-fitur Instagram, alokasi bujet untuk peningkatan skil dan analytic
tools, dan penyesuaian jadwal unggah, dan interaksi dengan pengikut.
Data
findings by WHO in 2020 where the number of cancer deaths in Indonesia is
increasing rapidly. There is a treatment option for cancer and other serious
illnesses, which is palliative care. This treatment is intended to improve the
patient's quality of life and provide a sense of comfort. Efforts to
communicate palliative care especially to children are needed, especially those
carried out by the Rachel House Foundation. The communication was carried out
through Instagram social media, @rachelhouseindonesia. In the midst of the
limitations experienced, in terms of human and financial resources, Rachel
House Foundation has succeeded in carrying out its social media strategy but
still requires improvement. In this study the problem is how is the Instagram
@rachelhouseindonesia social media strategy regarding palliative care for
children. The purpose of this study is to analyse the stages of Instagram media
strategy regarding palliative care for children. Theories about social media in
non-profit foundations, Instagram media, Instagram social media strategies, and
palliative work for children will be used in this study. This research is a
qualitative research type, with a case study method. Data was collected through
in-depth interviews with the communication and event team as well as the chief
operating officer (COO) of the Rachel House Foundation. The results of the
study show that the strategy carried out by the foundation in Instagram has
conveyed information about palliative care for children, but there are still
several parts that can be improved. Rachel House Foundation has implemented a
strategy starting from setting goals, SMART objectives, tactics, audience
research, and determining the budget but still needs to adjust the portion of
the use of Instagram features, budget allocation for skill improvement and
analytic tools, and upload schedule adjustments, and increase interaction with
followers.
Kata Kunci : Media Sosial, Strategi Media Instagram, Yayasan Nirlaba, Asuhan Paliatif pada Anak