Laporkan Masalah

Strategi Media Sosial Instagram pada Yayasan Nirlaba (Studi Kasus Strategi Media Sosial Instagram @rachelhouseindonesia oleh Yayasan Rumah Rachel mengenai Asuhan Paliatif pada Anak)

Grishiella Patricia Liwang, Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si.

2023 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Temuan data oleh WHO pada tahun 2020 di mana jumlah kematian kanker di Indonesia mengalami tren. Terdapat opsi perawatan bagi penyakit kanker dan penyakit serius lainnya yaitu perawatan secara paliatif. Perawatan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan memberikan rasa nyaman. Upaya pengkomunikasian asuhan paliatif terutma pada anak dibutuhkan khususnya yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Rachel. Pengkomunikasian tersebut dilakukan melalui media sosial Instagram yakni @rachelhouseindonesia. Di tengah keterbatasan yang dialami yakni dari segi sumber daya manusia dan finansial, Yayasan Rumah Rachel berhasil menjalankan strategi media sosial namun memerlukan penyempurnaan. Sehingga dalam penelitian ini rumusah masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi media sosial Instagram @rachelhouseindonesia mengenai asuhan paliatif pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan strategi media Instagram mengenai asuhan paliatif pada anak. Teori mengenai media sosial pada yayasan nirlaba, media Instagram, strategi media sosial Instagram, dan paliatif pada anak akan digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian kualitiatif, dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam bersama tim komunikasi dan event serta chief operating officer (COO) Yayasan Rumah Rachel. Hasil penelitian menampilkan bahwa strategi yang dilakukan oleh yayasan telah menjalankan strategi media sosial Instagram untuk menyampaikan informasi mengenai asuhan paliatif pada anak namun masih terdapat beberapa bagian yang dapat disempurnakan. Yayasan Rumah Rachel telah menjalankan strategi mulai dari penentuan tujuan, SMART objectives, taktik, riset audiens, dan penentuan bujet namun masih diperlukan penyesuaian porsi pemanfaatan fitur-fitur Instagram, alokasi bujet untuk peningkatan skil dan analytic tools, dan penyesuaian jadwal unggah, dan interaksi dengan pengikut.

Data findings by WHO in 2020 where the number of cancer deaths in Indonesia is increasing rapidly. There is a treatment option for cancer and other serious illnesses, which is palliative care. This treatment is intended to improve the patient's quality of life and provide a sense of comfort. Efforts to communicate palliative care especially to children are needed, especially those carried out by the Rachel House Foundation. The communication was carried out through Instagram social media, @rachelhouseindonesia. In the midst of the limitations experienced, in terms of human and financial resources, Rachel House Foundation has succeeded in carrying out its social media strategy but still requires improvement. In this study the problem is how is the Instagram @rachelhouseindonesia social media strategy regarding palliative care for children. The purpose of this study is to analyse the stages of Instagram media strategy regarding palliative care for children. Theories about social media in non-profit foundations, Instagram media, Instagram social media strategies, and palliative work for children will be used in this study. This research is a qualitative research type, with a case study method. Data was collected through in-depth interviews with the communication and event team as well as the chief operating officer (COO) of the Rachel House Foundation. The results of the study show that the strategy carried out by the foundation in Instagram has conveyed information about palliative care for children, but there are still several parts that can be improved. Rachel House Foundation has implemented a strategy starting from setting goals, SMART objectives, tactics, audience research, and determining the budget but still needs to adjust the portion of the use of Instagram features, budget allocation for skill improvement and analytic tools, and upload schedule adjustments, and increase interaction with followers.

Kata Kunci : Media Sosial, Strategi Media Instagram, Yayasan Nirlaba, Asuhan Paliatif pada Anak

  1. S2-2023-486612-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486612-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486612-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486612-title.pdf