Analisis Kemampuan Bersaing Coffee Star Di Pasar Global
ADE MARIA TERESA, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke empat setelah Brazil,
Vietnam, dan Kolumbia. Di samping itu, volume ekspor kopi Indonesia
menunjukkan peningkatan sebesar 1,21% jika dibandingkan dengan tahun 2020.
Total importir kopi global menunjukkan peningkatan permintaan dari tahun 2020
ke tahun 2021 sebesar 2?ngan peringkat importir terbesar antara lain Uni Eropa,
Amerika Serikat, Jepang, Rusia, dan Britania Raya. Jumlah produksi dalam negeri
pun mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebesar 1,62%. Tren konsumsi kopi
dalam negeri juga tumbuh rata-rata 8,22% per tahun dalam periode 2016-2021.
Coffee Star beroperasi di industri hulu kopi, yakni pengolahan bahan baku
dari biji kopi berkulit tanduk basah menjadi biji kopi beras dengan pembeli
mayoritas adalah para eksportir. Sesuai dengan rantai nilai kopi global yang
diterbitkan oleh International Coffee Organization, Coffee Star berada pada tahapan
proses pasca panen. Pada tahun 2021, perusahaan menghadapi permasalahan
turunnya kinerja, baik dari sisi penjualan maupun produksi. Hal ini tidak sejalan
dengan keadaan industri yang menunjukkan peningkatan di jumlah pasokan global
maupun permintaan global.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek kunci apa saja yang
berperan dalam meningkatkan daya saing serta apa saja yang harus Coffee Star
lakukan dalam meningkatkan daya saing. Analisis dilakukan dengan menggunakan
PESTEL agar Coffee Star dapat mengkaji faktor eksternal yang berpengaruh serta
memberikan peluang bagi perusahaan di industri kopi. Faktor politik, ekonomi,
sosial-budaya, teknologi, dan hukum memberikan peluang untuk industri kopi.
Sementara itu, faktor lingkungan memberikan peluang serta ancaman untuk
industri. Lalu, dengan analisis Lima Kekuatan dari Porter dapat disimpulkan bahwa
industri kopi, khususnya di hulu masih atraktif. Setelahnya, dengan melakukan
analisis Faktor Kunci Keberhasilan, simpulan dari faktor-faktor yang
mempengaruhi daya saing adalah sumber daya manusia yang adaptif terhadap
industri dan sumber daya keuangan yang tepat sasaran untuk mengoptimalkan tiga
peringkat atribut utama dari pembeli, yakni kualitas, kuantitas, dan harga. Selain
itu, dengan analisis SWOT, Coffee Star juga dapat mengidentifikasi kekuatan,
kelamahan, peluang, serta ancaman yang selanjutnya berguna dalam perumusan
strategi peningkatkan daya saing, seperti melakukan penetrasi ke pasar spesialti dan
memperluas pasar dalam negeri, melakukan perekrutan dengan standar yang lebih
baik, sampai dengan memitigasi risiko yang ada di industri kopi.
Indonesia is the fourth largest coffee producing country after Brazil, Vietnam
and Columbia. In addition, the volume of Indonesian coffee exports showed an
increase of 1.21% compared to 2020. Total global coffee importers showed an
increase in demand from 2020 to 2021 of 2% with the largest importers ranking
including the European Union, United States, Japan, Russia, and the United
Kingdom. Domestic production has also increased by 1.62% in 2021. Domestic
coffee consumption trends have also grown by an average of 8.22% per year in the
2016-2021 period.
Coffee Star was operated in the upstream coffee industry, collecting raw
material in the form of hard skin coffee beans and processed into coffee green beans
with the majority of buyers are exporters. According to the coffee global value chain
published by the International Coffee Organization, Coffee Star is in the postharvest process stage. In 2021, the company was facing the problem of declining
performance, both in terms of sales and production. This was not in line with the
industry which shows an increase in global supply and demand.
This study aimed to determine key factors that affect competitiveness and
what Coffee Star should do to increase competitiveness. The analysis was carried
out using PESTEL so that Coffee Star can examine external factors that influence
and provide opportunities for companies in the coffee industry. Political, economic,
socio-cultural, technological and legal factors provide opportunities for the coffee
industry. Meanwhile, environmental factor provides opportunities as well as threats
to the industry. Then, with Porter's Five Forces analysis, it can be concluded that
the coffee industry, especially in the upstream area, is still attractive. After that, by
analyzing the Key Success Factors, it can be concluded that the factors that
influence competitiveness are human resources that are adaptive to the industry and
financial resources that are right on target to optimize the three main attribute
rankings of buyers, namely quality, quantity and price. In addition, with SWOT
analysis, Coffee Star can also identify strengths, weaknesses, opportunities and
threats which are then useful in formulating strategies to increase competitiveness,
such as penetrating into specialty markets and expanding the domestic market,
recruiting with better standards, to mitigating risks in the coffee industry
Kata Kunci : Coffee Global Value Chain, PESTEL, Porter’s Five Forces, Key Success Factors, SWOT Analysis