Strategi Transformasi Digital Inovasi Program Tuka Tuku Purbalingga
Nur Laela Dian Latifah, Prof. Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D. ; Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 Mag.Studi Kebijakan
Transformasi
digital telah menjadi faktor yang sangat penting dalam memajukan berbagai
sektor kehidupan di era modern ini. Salah satu sektor yang tidak terlepas dari
dampak transformasi digital adalah pemerintahan daerah. Program Tuka Tuku
Purbalingga adalah salah satu inovasi yang mencerminkan transformasi digital
yang mengintegrasikan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan publik dan
memperkuat ekonomi lokal. Berangkat dari permasalahan rendahnya tingkat adopsi
UMKM terhadap program ini, sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang perlu dijalankan
dalam membawa UMKM di Purbalingga menggunakan Tuka Tuku sebagai sarana
penjualan produk secara digital. Menggunakan metode kualitatif
eksploratif, dimana dalam penelitian kualitatif metode digunakan untuk
mengeksplorasi fenomena objek yang diteliti dilapangan. Penentuan informan
dalam penelitian ini adalah Purposive sampling, yaitu teknik pengambilan
sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis Interaktif, pengumpulan data, reduksi, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini, berdasarkan teori transformasi digital
menurut wasterman, dari ketiga strategi transformasi digital, yaitu pengalaman
pelanggan, proses operasional dan model bisnis, tidak seluruhnya sudah
dilaksanaan pada Tuka Tuku Purbalingga, Secara umum,
penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital di UMKM Purbalingga masih berada pada tahap awal. Walaupun
sudah ada beberapa langkah positif, namun masih ada banyak tantangan yang harus diatasi. Transformasi digital bukan
hanya tentang penggunaan teknologi, tetapi juga perubahan dalam cara berpikir, model bisnis, dan keterampilan yang dimiliki.
Digital
transformation has become a very important factor in advancing various sectors
of life in this modern era. One sector that is inseparable from the impact of
digital transformation is regional government. The Tuka Tuku Purbalingga
program is one of the innovations that reflects digital transformation that
integrates digital technology to improve public services and strengthen the
local economy. Departing from the problem of the low rate of adoption of MSMEs
for this program, this research aims to identify strategies that need to be
implemented in bringing MSMEs in Purbalingga to use Tuka Tuku as a means of
selling products digitally. Using exploratory qualitative methods, where in
qualitative research methods are used to explore the phenomenon of the object
being studied in the field. Determination of informants in this study is
purposive sampling, namely the sampling technique of data sources with certain
the examination. The approach employed in this
research is Interactive Analysis, data gathering, simplification, data display,
and deriving conclusions. The findings of this investigation, grounded on
digital transformation theory according to Wasterman, of the three digital
transformation strategies, namely customer experience, operational processes
and business models, not all of them have been implemented at Tuka Tuku
Purbalingga. In general, this research shows that digital transformation at UMKM
Purbalingga is still in its infancy. Despite some encouraging strides, there are still
numerous obstacles that need to be conquered.Digital transformation is not only
about using technology, but also changing the way of thinking, business models
and skills.
Kata Kunci : transformasi digital, inovasi, program Tuka Tuku Purbalingga, pelayanan publik, ekonomi lokal, platform online, inklusivitas, partisipasi masyarakat / digital transformation, innovation, Tuka Tuku Purbalingga program, public services, local economy, onlin