Laporkan Masalah

Pengaruh Variabel Mediasi Work Engagement serta Moderasi Jenis Kelamin pada Hubungan Work From Home terhadap Work Life Balance Karyawan

FARIS ASYROF AL FATIH, Gugup Kismono, MBA., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh work from home terhadap work-life balance karyawan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan survei sebagai alat untuk mendapatkan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non-probability dengan teknik purposive sampling. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 203 orang. Kriteria responden pada penelitian ini adalah karyawan perusahaan PT Telkom Indonesia (Regional IV) yang mengalami bekerja secara work from home serta telah bekerja selama minimal 1 tahun di mana karyawan telah mendapat pengalaman penerapan skema work from home. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi  yang dijalankan dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work from home memiliki pengaruh positif pada work-life balance karyawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa work engagement berpengaruh positif pada work-life balance karyawan serta jenis kelamin berpengaruh positif pada work-life balance karyawan.

This study examined the effect of working from home (WFH) towards employees’ work-life balance (WLB) using the quantitative method with surveys to obtain primary data. The data collection method in this study was non-probability with a purposive sampling technique, and the sample size in this study was 203 people. The criteria for respondents in this study were employees of multinational companies who had worked on a WFH basis for at least a year where they had experience implementing a WFH scheme. This study analyzed the data using regression analysis with IBM SPSS v25 software. The results showed that WFH, work engagement, and gender positively affected employee work-life balance.

Kata Kunci : Work from Home, Work Engagement, Work-Life Balance.

  1. S2-2023-465037-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465037-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465037-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465037-title.pdf