Laporkan Masalah

Analisis Faktor-Faktor Intensi dan Adopsi Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi

Nadia Kusumaningtyas, Arizona Mustika Rini, SE, M. Bus(Acc)., Ph.D., Ak., CA.

2023 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi niat dan adopsi penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran di kalangan mahasiswa aktif S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dengan menggunakan UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) (Venkatesh et al., 2003). Variabel penelitian terdiri dari 6 variabel independen yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, behavioral intention dan resistance to change; serta 2 variabel dependen yaitu behavioral intention dan adoption. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden (mahasiswa aktif S1 Akuntansi FEB UGM) dengan menyebarkan kuisioner. Besarnya sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 89 mahasiswa yang dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel performance expectancy, effort expectancy, dan social influence berpengaruh secara signifikan terhadap niat penggunaan. Variabel facilitating condition tidak berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan namun berpengaruh signifikan terhadap adopsi secara langsung. Selain itu, variabel niat penggunaan dan resistance to change juga memilki pengaruh signifikan terhadap adopsi teknologi ChatGPT.

This study aims to examine the factors influencing the intention and adoption of ChatGPT usage in the learning process among active undergraduate Accounting students at the Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) developed by Venkatesh et al. (2003). The research variables consist of 6 independent variables: performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, behavioral intention, and resistance to change; and 2 dependent variables: behavioral intention and adoption. This quantitative study utilized the partial least squares (PLS) approach for data analysis. Data were collected through questionnaires distributed to 89 active undergraduate students majoring in Accounting at FEB UGM. The collected data were then analyzed using the Partial Least Square (PLS) method with SmartPLS software. The results of this study indicate that performance expectancy, effort expectancy, and social influence significantly influence the intention to use ChatGPT. Facilitating condition, on the other hand, do not significantly affect the intention to use but have a significant direct impact on adoption. Additionally, both the intention to use and resistance to change variables significantly influence the adoption of ChatGPT technology.

Kata Kunci : ChatGPT, UTAUT, SmartPLS

  1. S1-2023-440721-abstract.pdf  
  2. S1-2023-440721-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-440721-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-440721-title.pdf