PERANCANGAN MODEL BISNIS KALADA OLEH-OLEH CABAI KATOKKON BUBUK KHAS TORAJA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Nurhayati Kala', Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand.Merc., Ph.D.,
2023 | Tesis | S2 Manajemen
ABSTRAK
PERANCANGAN MODEL BISNIS KALADA OLEH-OLEH CABAI
KATOKKON BUBUK KHAS TORAJA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Nurhayati Kala’
20/470997/PEK/26724
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk merancang model bisnis dan melakukan analisis uji kelayakan bisnis
Kalada. Kalada merupakan sebuah bisnis oleh-oleh khas Toraja yang berupa cabai
katokkon bubuk dengan dua varian, orisinal dan rebon. Cabai katokkon dipilih
sebagai bahan baku dalam bisnis ini dikarenakan cabai tersebut memiliki banyak
manfaat bagi tubuh. Dengan adanya bisnis maka Kalada dapat memberdayakan
masyarakat Toraja untuk turut serta dalam kegiatan produksi cabai katokkon
bubuk dan memasarkannya sebagai oleh-oleh khas Toraja.
Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif sebagai pendukung. Metode
kualitatif yan digunakan berupa wawancara secara langsung dan survei. Hal ini
bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut perspektif mengenai informasi yang
dibutuhkan. Untuk metode kuantitatif digunakan sebagai pendukung dengan cara
menghitung nilai dari net present value (NPV), internal rate of
return (IRR), dan payback period (PP).
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya minat maupun ketertarikan calon
pelanggan potensial terhadap produk cabai katokkon bubuk. Hasil peta empati
dijadikan sebagai dasar dalam memperkuat proposisi nilai dari Kalada. Selain
itu, hasil analisis uji kelayakan bisnis menunjukkan bahwa Kalada layak untuk
dijalankan sebagai bisnis dikarenakan nilai net present value (NPV)
sebesar Rp227.743.882,6, internal rate of return (IRR) 26,2%, dan payback
period (PP) 3 Tahun 7 Bulan.
Kata kunci: Model Bisnis, Cabai Katokkon Bubuk, Pemberdayaan Masyarakat
ABSTRACT
BUSINESS
MODEL DESIGN OF KALADA TORAJA SPECIAL POWDER CHILLI KATOKCON BASED ON COMMUNITY
EMPOWERMENT
Nurhayati Kala’
20/470997/PEK/26724
This
research was conducted with the aim of designing a business model and conducting
a business feasibility analysis for Kalada. Kalada is a typical Toraja souvenir
business in the form of katokkon chili powder with two variants, original and
rebon. Katokkon chili was chosen as raw material in this business because chili
has many benefits for the body. With this business, Kalada can empower the
Toraja people to participate in the production of powdered katokkon chilies and
market them as typical Toraja souvenirs.
The
method used in this study is a qualitative method and quantitative methods as a
support. The qualitative method used is in the form of direct interviews and
surveys. This aims to find out more perspectives regarding the information
needed. The quantitative method is used as a support by calculating the value
of the net present value (NPV), internal rate of return (IRR), and payback
period (PP).
The
results of this study indicate that there is interest and interest from
potential customers in chili powder products. The results of the empathy map
serve as a basis for strengthening the value proposition of Kalada. In
addition, the results of the business due diligence analysis show that Kalada
is feasible to run as a busin ess because the net present value (NPV) is IDR
227,743,882.6, the internal rate of return (IRR) is 26.2%, and the payback
period (PP) is 3 Years 7 Months.
Keywords: Business Model,
Katokkon Chili Powder, Community Empowerment
Kata Kunci : Model Bisnis, Cabai Katokkon Bubuk, Pemberdayaan Masyarakat