Laporkan Masalah

MOBILE BANKING USAGE INTENTION ANALYSIS IN INDONESIA POST COVID-19 A STUDY OF BANK MEGA SYARIAH

ROOSTIAN PRIMANANDA, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Pemulihan ekonomi global pada tahun 2022 yang mendapatkan momentum dari penurunan kasus Covid-19 dan mobilitas manusia yang meningkat mengalami stagnasi akibat konflik geopolitik yang memperparah gangguan rantai pasokan global, sehingga menyebabkan melonjaknya inflasi. Saat dunia meningkatkan transformasi digital, industri keuangan juga mengadopsinya seiiring dengan pertumbuhan layanan perbankan digital. Perbankan syariah yang menganut prinsip syariah akhir-akhir ini mendapatkan daya tarik yang signifikan di Indonesia. Kinerja bank syariah yang progresif dan kuat di Indonesia menunjukkan indikator pemulihan ekonomi yang baik. Penduduk muslim juga turut menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial dalam pengembangan keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan niat nasabah Bank Mega Syariah dalam menggunakan platform mobile banking sebagai salah satu saluran digital yang disediakan dengan menerapkan Model TAM dan Extended TAM Model yang menggabungkan variabel konstruk terkait. Sebagai strategi Bank Mega Syariah untuk membangun lebih banyak kapabilitas di perbankan digital, survei menemukan variabel konstruk yang berpengaruh positif terhadap niat perilaku menggunakan mobile banking: Persepsi Kredibilitas, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Kegunaan. Sebagai bagian dari strategi digitalisasi Bank Mega Syariah dapat lebih meningkatkan mobile banking sebagai titik sentuh digital nasabah untuk mendapatkan loyalitas, meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya dan meningkatkan pendapatan.

Global economic recovery in 2022 which gaining momentum from the drop in cases Covid-19 and increased mobility experienced stagnation due to aggravating geopolitical conflicts global supply chain disruption, thus causing soaring inflation. As the world embraces digital transformation, the financial industry is also witnessing the rapid growth of digital banking services. Sharia banking, which adheres to Islamic principles, has gained significant traction in Indonesia lately. The progressive and strong performance of sharia bank in Indonesia show good indicators of economic rebound. Muslim population make Indonesia a potential market in the development of Islamic finance as well. This research is about to find the reason of Bank Mega Syariah customer’s intention at using mobile banking platform as users one of digital channel provided by implementing Technology Acceptance Model (TAM Model) and extended TAM model which combine related construct variables. As Bank Mega Syariah strategy to build more capabilities at digital banking, the surveys find construct variables which have positive influence to the behavior intention to use mobile banking: Perceived Credibility, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness. Bank Mega Syariah as part of their strategy at digitalization could improve more at mobile banking as customer’s digital touch point to gain loyalty, increase market share, lower costs and increase revenues.

Kata Kunci : Technology acceptance model, Mobile banking app, behavioral intentions, perceived usefulness.

  1. S2-2023-465345-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465345-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465345-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465345-title.pdf